Jadi Tontonan Warga, Pawai Obor Daruak Daram Pecah

Daruak Daram

AGAM, HARIANHALUAN.ID – Pawai obor menyambut Idulfitri 1445 Hijriah di Lubuk Basung menjadi tontonan tersendiri bagi warga setempat.

Pantauan Haluan, pawai obor pada Selasa (9/4/2024) malam ini pecah. Pawai yang diikuti ratusan santri ini diwarnai bambu tradisi, tambua tansa.

Ratusan masyarakat juga tampak mengerumuni lokasi pelepasan arakan pawai, persisnya di jalan protokol di depan Masjid Agung Nurul Falah. Masyarakat yang hadir terdiri dari anak-anak, remaja dan orang dewasa.

Baca Juga: Takbir Bergema, Ratusan Peserta Semarakkan Pawai Obor di Agam

Pawai obor bertajuk Daruak Daram Kaduo ini seakan menjadi tontonan tersendiri bagi masyarakat untuk melepas penat.

Seperti halnya yang diutarakan Firdaus (42), warga Lubuk Basung. Ia mengaku sengaja menyaksikan pawai obor bersama keluarga lantaran ini menyemarakan malam takbiran.

“Kalau acara seperti ini saya sangat suka ketimbang main kembang api. Gema takbir teras menggetarkan hati,” ucapnya.

Senada, Incen (18) juga menyebut, pawai obor yang berlangsung seakan menjadi tontonan yang meriah. “Pas malam Iduladha tahun lalu kan hujan, malam satu muharam ada, sekarang lagi waktunya, meski gerimis tapi menikmati,” kata dia.

Incen berharap pawai obor ini terus berlanjut untuk ke depan. Kegiatan semacam ini juga dapat mengisi pergantian tahun baru Islam dengan kegiatan menyenangkan. “Semoga ada lagi, bisa memeriahkan malam takbiran dengan kegiatan bernuasa Islami dan seni tradisi,” ujarnya. (*)

Exit mobile version