BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.ID – BPJS Kesehatan terus menunjukkan komitmennya meningkatkan kualitas layanan bagi Peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).
Salah satu langkah konkret yang dilakukan adalah melalui kegiatan Customer Visit ke rumah sakit oleh Petugas BPJS Satu (BPJS Siap Membantu).
Pada kegiatan tersebut petugas melakukan interaksi dengan peserta JKN, yang tengah menjalani rawat inap di dua Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjut (FKRTL) Kabupaten Pasaman.
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bukittinggi, Haris Prayudi mengatakan, kegiatan Customer Visit kali ini menyambangi dua FKRTL mitra BPJS Kesehatan, yaitu RSUD Tuanku Rao Pasaman dan RSI Ibnu Sina Panti.
“Hal tersebut kami lakukan bertujuan untuk memastikan bahwa peserta JKN mendapatkan layanan yang sesuai dengan hak mereka. Sekaligus mendengarkan langsung masukan dan pengalaman dari peserta terkait pelayanan kesehatan yang diterimanya di fasilitas kesehatan,” kata Haris, Jumat (10/1/2025).
Dijelaskannya, Customer Visit itu merupakan bentuk kepedulian dan tanggung jawab BPJS Kesehatan terhadap peserta JKN. Pihaknya tidak ingin ada peserta JKN yang mendapatkan pelayanan yang kurang memuaskan.
“Kami ingin menelusuri itu, seperti yang tengah dilakukan saat ini. Kepuasan dari peserta adalah salah satu hal yang harus kami penuhi,” ujarnya.
Melalui kunjungan tersebut, pihaknya memastikan bahwa layanan kesehatan yang diterima peserta sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Demi meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan yang baik, BPJS Kesehatan selalu mendengar masukan langsung dari setiap peserta JKN.
“Kami juga ingin mendapatkan masukan langsung dari peserta untuk bahan evaluasi dalam meningkatkan kualitas layanan kami. Masukan yang didapat dari peserta JKN pada Customer Visit ini tentunya menjadi bahan bagi kami untuk membangun pelayanan yang lebih baik kedepannya,” ujarnya.
Selain itu, bagi peserta JKN juga bisa melakukan pengaduan melalui kanal-kanal digital yang dimiliki BPJS Kesehatan mulai dari Mobile JKN, Whatsapp Pandawas dan Care Center 165.
Haris mengimbau agar masyarakat dapat memanfaatkan kanal digital yang dimiliki oleh BPJS Kesehatan, karena beragam kemudahan bisa dimanfaatkan oleh peserta JKN untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang mudah, cepat dan setara.
Pada Customer Visit kali ini, petugas BPJS Satu melakukan kunjungan kepada peserta JKN yang sedang menjalani perawatan di rumah sakit.
Salah satu peserta JKN yang mendapat kunjungan, Riyelman (61). Ia merasa sangat terbantu dengan perhatian yang diberikan oleh petugas BPJS Satu pada Customer Visit tersebut. Saat ini, ia tengah menjalani perawatan hemodialisis darah.
“Saya sangat senang, karena petugas BPJS Kesehatan datang langsung untuk menanyakan kondisi saya. Mereka juga memberikan penjelasan tentang hak saya sebagai peserta JKN. Ini membuat saya merasa lebih dihargai dan diperhatikan,” ucap Riyelman.
Tidak hanya itu, Riyelman juga menyampaikan bahwa petugas BPJS Satu memberikan bantuan terkait pemahaman prosedur rujukan kepada dirinya. Menurutnya, kehadiran Petugas BPJS Satu sangat penting bagi peserta yang mungkin masih bingung dengan mekanisme layanan. (*)