“BPJS Keliling sama dengan pelayanan yang ada di kantor cabang, mulai dari pendaftaran baru, penambahan anggota keluarga, perubahan data, cek iuran dan layanan administrasi lainnya. Jadi, tentu kami berharap masyarakat yang hadir bisa memanfaatkan itu semua,” ucap Haris.
Selain itu, Haris juga menyampaikan bahwa pelayanan BPJS Keliling dari Kantor BPJS Kesehatan Cabang Bukittinggi juga rutin dijadwalkan sekalipun saat bulan Ramadan tahun ini.
“BPJS Keliling kami terus beroperasi sampai hari ini juga. Untuk di Kota Bukittinggi, kemarin pelayanan kami beroperasi di Kantor Dinas Perhubungan, hari ini di Kantor Kelurahan Sapiran, besok di Kelurahan Birugo. Nanti akan kami infokan juga melalui media sosial kantor cabang kami di @salingkajkn,” tuturnya.
Selain di BPJS Keliling, ada beberapa kanal pelayanan yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat, mulai dari pemanfaatan Aplikasi Mobile JKN, Whatsapp Pandawa dan Care Center 165.
“Sebenarnya, kanal layanan kami itu sangat banyak, mungkin masyarakat sudah sangat familiar dengan Aplikasi Mobile JKN, karena rata-rata pemanfaatan aplikasi ini untuk pengambilan antrian online ke fasilitas kesehatan,” ucapnya.
Salah satu program lainnya, BPJS Online yang pelayanan tetap secara tatap muka, namun melalui zoom. Mekanismenya tentu melalui kerja sama dahulu dengan kelurahan atau nagari setempat, nanti peserta JKN yang ingin mendapatkan pelayanan bisa datang ke kantor kelurahan atau nagari setempat.
Program BPJS Online diharapkan mampu menjadi salah satu solusi bagi peserta JKN yang terkendala jarak dan waktu untuk mendapatkan pelayanan administrasi BPJS Kesehatan. (*)