Para agen PESIAR ditugaskan secara resmi oleh desa/kelurahan dibekali dengan pelatihan dan identitas resmi, serta bekerja berdasarkan Perjanjian Kerja Sama (PKS).
“Tentunya kami memberikan pembekalan terhadap agen PESIAR yang akan turun ke lapangan, dengan harapan semua agen kami bisa mengakomodir kebutuhan masyarakat di lapangan,” ucap Haris.
Seiring berkembangnya kebutuhan digitalisasi, BPJS Kesehatan juga mengembangkan Aplikasi Mobile PESIAR. Aplikasi ini diharapkan dapat mempermudah proses pendataan dan advokasi tanpa bergantung pada akses web browser, sehingga kinerja agen PESIAR lebih optimal dan efisien.
“Memang saat ini Aplikasi Edabu PESIAR sedang kami kembangkan dengan tujuan supaya mempermudah agen PESIAR saat bertugas di lapangan. Versi PESIAR Mobile dengan versi Edabu PESIAR yang saat ini digunakan oleh agen tentunya sudah sama, hanya saja lewat PESIAR Mobile saat ini sedang pengembangan agar bisa mengakomodasi semua yang ada di browser menjadi kompleks dalam satu aplikasi,” ucap Haris.
Salah seorang Agen PESIAR asal Kabupaten Pasaman, Abdul Halim (24) mengatakan, turut menyampaikan dukungannya untuk pelaksanaan Program PESIAR.
Ia mengatakan, berkat adanya Program PESIAR BPJS Kesehatan, dirinya dapat membantu warga daerahnya dalam melakukan pendaftaran dan pengurusan administrasi Program JKN.
“Saya senang bisa membantu warga saya, saya berharap dengan hadirnya kami sebagai agen PESIAR, selain dapat memfasilitasi pemberian informasi mengenai Program JKN kepada masyarakat, juga dengan pemahaman yang ada masyarakat dapat tergerak untuk terdaftar sebagai peserta JKN aktif,” ujar Halim. (*)