BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.ID – BPJS Kesehatan Cabang Bukittinggi mengelar BPJS Keliling di Puskesmas Gunung, Kota Padang Panjang. Kehadiran BPJS Keliling disambut antusias masyarakat sekitar, terkhusus bagi masyarakat yang selama ini terkendala jarak ataupun waktu, Rabu (4/6/2025).
Layanan BPJS Keliling merupakan salah satu kanal layanan tatap muka bagi peserta JKN untuk memberikan solusi alternatif bagi peserta yang mengalami hambatan dalam memperoleh pelayanan administrasi layaknya di kantor cabang.
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bukittinggi, Haris Prayudi mengatakan, pelayanan di BPJS Keliling diibaratkan pelayanan jemput bola ke tengah masyarakat. Sebab, BPJS Kesehatan secara proaktif hadir di tengah-tengah masyarakat untuk memberikan kemudahan layanan administrasi bagi peserta JKN.
“Melalui BPJS Keliling, kami hadir untuk masyarakat Kota Padang Panjang yang mungkin ingin mendapatkan pelayanan administrasi layaknya di kantor cabang/kota/kabupaten kami. Jadi peserta JKN tidak perlu risau, karena petugas kami di lapangan juga memberikan pelayanan yang sama layaknya datang ke kantor kami,” kata Haris.
Pelayanan yang dihadirkan BPJS Keliling meliputi pendaftaran baru, perubahan data peserta, pemberian informasi hingga pengaduan terhadap pelayanan yang diterima oleh peserta JKN.
“Sejauh ini, pelayanan yang paling sering kami terima adalah perubahan identitas peserta, perubahan nomor handphone dan pemberian informasi seputar Program JKN,” kata Haris.
Selain itu, Haris juga memaparkan bahwa saat ini pelayanan diterima oleh peserta JKN di BPJS Keliling juga bisa dilakukan secara non tatap muka melalui beberapa kanal layanan yang dimiliki oleh BPJS Kesehatan.
“Jadi selain dari pelayanan tatap muka, kami juga memiliki layanan non tatap muka yang bisa diakses melalui smartphone masing-masing peserta. Mulai dari Aplikasi Mobile JKN, bisa didownload melalui Appstore atau Playstore. Kami juga memiliki layanan whatsapp Pandawa di 08118165165. Selanjutnya, kami juga memiliki layanan Care Center 165,” ucapnya.