BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.ID – BPJS Kesehatan menghadirkan Petugas BPJS Siap Membantu (BPJS SATU) di rumah sakit mitra.
Kehadiran BPJS SATU bertujuan untuk mempermudah peserta dalam mengakses informasi serta menyampaikan keluhan terkait pelayanan kesehatan.
Petugas BPJS SATU mengenakan atribut khusus dan secara aktif berkeliling di fasilitas kesehatan untuk memberikan layanan informasi dan menangani pengaduan secara langsung untuk memastikan peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) mendapatkan pelayanan yang optimal.
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bukittinggi, Haris Prayudi mengatakan petugas BPJS SATU hadir sebagai penyempurnaan dari tugas petugas Pelayanan Informasi dan Penanganan Pengaduan (PIPP).
Petugas tersebut tidak hanya berperan dalam memastikan mutu layanan kesehatan di rumah sakit tetap terjaga. Namun juga aktif memberikan informasi dan menangani keluhan peserta secara langsung di lokasi layanan.
“Petugas BPJS SATU diharapkan mampu menjawab pertanyaan dan keluhan dari Peserta JKN di rumah sakit. Petugas kami mudah sekali dikenali, mereka mengenakan rompi hijau bertuliskan BPJS SATU,” kata Haris, kemarin.
Salah satu tugas dari BPJS Satu adalah membantu setiap peserta yang memiliki kendala dalam hal pelayanan di RS. Mereka akan senantiasa menangani setiap case yang dilaporkan oleh peserta dan melakukan umpan balik baik bagi BPJS Kesehatan maupun fasilitas kesehatan.
“Petugas kami juga sering melakukan customer visit yang bertujuan untuk memastikan kelancaran proses administrasi BPJS Kesehatan di rumah sakit, seperti pendaftaran, verifikasi data peserta, pelayanan di rumah sakit dan kelancaran dalam proses pembayaran iuran,” ujarnya.
Dijelaskannya, customer visit yang dilakukan oleh BPJS SATU sangat penting untuk mengumpulkan masukan dari peserta terkait pengalaman mereka dalam menggunakan layanan BPJS Kesehatan di rumah sakit.
Salah seorang peserta JKN yang sedang dirawat di RS Mitra BPJS Kesehatant, Eva Susanti (45) mengakui bahwa dirinya barusan dikunjungi Petugas BPJS SATU yang sedang melakukan kegiatan customer visit.
“Kami dikunjungi oleh petugas berompi hijau bertuliskan BPJS SATU, dan kami ditanyai mengenai beberapa pelayanan yang kami dapatkan hingga saya sendiri juga memperoleh informasi dari petugas bahwa semua perawatan yang dijalani sejauh ini tentunya dicover oleh BPJS Kesehatan,” ungkap Eva. (*)