AGAM, HARIAMHALUAN.ID – BPJS Kesehatan Cabang Bukittinggi kembali melaksanakan kegiatan BPJS Keliling di Puskesmas Maninjau, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Senin (4/8).
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bukittinggi, Haris Prayudi mengatakan BPJS Keliling merupakan bagian dari pendekatan jemput bola yang konsisten dilakukan. BPJS Keliling bertujuan untuk memastikan tidak ada peserta yang tertinggal dari segi layanan.
“Kami sadar bahwa tidak semua peserta memiliki kemudahan untuk datang ke kantor. Maka dari itu, BPJS Keliling hadir sebagai solusi agar masyarakat tetap mendapatkan hak pelayanan administrasi yang optimal, cepat, dan setara dengan layanan di kantor cabang,” ujar Haris.
Dijelaskannya, layanan yang disediakan BPJS Keliling cukup lengkap. Mulai dari pendaftaran peserta baru, perubahan data seperti pembaruan identitas, konsultasi seputar manfaat JKN, hingga penanganan pengaduan langsung di tempat.
“Kegiatan ini juga kami lengkapi dengan edukasi langsung melalui PIL, di mana peserta bisa bertanya langsung seputar manfaat JKN, jenis kepesertaan, hingga kanal-kanal layanan digital yang kini tersedia,” tambahnya.
Selain layanan tatap muka, BPJS Kesehatan juga mendorong peserta untuk mengenal dan menggunakan kanal digital seperti Aplikasi Mobile JKN, layanan PANDAWA (Pelayanan Administrasi Melalui WhatsApp) di nomor 0811 8165 165, serta Care Center 165.
“Jika sudah menggunakan kanal digital yang kami miliki, kami yakin masyarakat sudah tidak banyak lagi yang datang berbondong-bondong ke kantor cabang/kantor kabupaten, karena semua sudah diakomodir melalui kanal digital kami,” terang Haris.