3 Ribu UMKM Bukittinggi Diminta Manfaatkan Tabungan Utsman

BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.ID — Pada tahun ini, Pemko Bukittingi menargetkan program Tabungan Utsman dapat dimanfaatkan oleh 3.000 UMKM di wilayah tersebut.

Wali Kota Bukittinggi Erman Safar mengatakan, Program Tabungan Utsman PT Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Jam Gadang (Perseroda) Kota Bukittinggi, telah mengucurkan pembiayaan sebesar Rp6,8 miliar untuk 740 nasabah dalam jangka waktu 40 hari.

 “Total pembiayaan yang diberikan  bervariasi sesuai dengan kebutuhan warga  Alhamdulillah, program Tabungan Utsman benar-benar bermanfaat bagi warga.

Kita targetkan pada tahun ini, program Tabungan Utsman dapat dimanfaatkan untuk 3. 000 UMKM Kota Bukittinggi,” kata Erman Safar,  Selasa (7/3).

Ia menyebutkan, Pemko Bukittinggi bersama PT BPRS Jam Gadang (Perseroda), terus berupaya membangkitkan perekonomian masyarakat. Salah satunya melalui program Tabungan Utsman, dimana pembiayaan yang diberikan tanpa bunga, tanpa agunan.

Tabungan Ustman merupakan program dari hati untuk membantu masyarakat dan pelaku UKM dalam mendapatkan pembiayaan secara syariah. Program ini diluncurkan untuk menghindari masyarakat dari rentenir dan praktek riba

Dengan program Tabungan Utsman, masyarakat atau nasabah dapat memanfaatkan pembiayaan secara syariah, karena Tabungan Utsman  tidak ada bunga dan tidak ada agunan. Nasabah hanya membayar atau mencicil pinjaman pokok saja dengan sistem menabung.

Melalui program Tabungan Utsman, diharapkan masyarakat yang mendapatkan pembiayaan, uangnya bisa digunakan untuk usaha, sehingga usaha yang  dijalankan bisa berkembang nantinya, dan keuntungan dari usaha bisa dinikmati.

“Tahun ini kita sudah anggarkan subsidi  untuk tabungan utsman sebesar Rp 2,5 miliar. Kita juga akan menambah subsidi Rp 500 juta lagi. Semoga berkah dan program ini bisa membantu warga kita untuk berusaha, dalam meningkatkan perekonomian mereka,  dan yang paling utama adalah bagaimana warga terbebas dari jeratan rentenir,” ujar Erman Safar.

Program tabungan utsman ini diiniasi oleh Wali Kota Bukittinggi Erman Safar, dan diluncurkan pada Maret 2022. Hingga saat ini program Tabungan Utsman terus mendatangkan manfaat bagi masyarakat. 

Dari data BPRS Jam Gadang, Tabungan Utsman telah dimanfaatkan oleh 2.469 nasabah. Jumlah nasabah itu tercatat  dari awal diluncurkannya program tabungan utsman pada Maret 2022 hingga Maret 2023, dengan realisasi pembiayaan sebesar Rp19,3 miliar lebih. (tot)

Exit mobile version