Sambut Tahun Baru Hijriah, Erdison Nimli Inisiasi Festival Musik Gambus 

GATOT - BUKITTINGGI

Anggota DPRD Kota Bukitinggi Erdison Nimli bakal menginisiasi kegiatan Festival Musik Gambus dan lomba Asmaul Husna antar BKMT se-Kota Bukittinggi dalam menyambut tahun baru Hijriah. IST

HARIANHALUAN.ID – Anggota DPRD Kota Bukitinggi Erdison Nimli bakal menginisiasi kegiatan Festival Musik Gambus dan lomba Asmaul Husna antar BKMT se-Kota Bukittinggi dalam menyambut tahun baru Hijriah.

Ia mengharapkan kepada Pemko Bukittinggi melalui Kementerian Agama (Kemenag) Bukittinggi agar kegiatan yang bernuansa islami itu dapat terselenggara pada 1 Muharram 1445 H.

“Keinginan atau harapan kita untuk terlaksananya festival musik gambus dan lomba asmaul husna ini, guna memeriahkan penyambutan 1 Muharram 1445 H dengan kegiatan yang bernuansa islami,” kata Erdison Nimli, ketika melakukan pertemuan silaturahmi dengan Kepala Kantor Kemenag Bukittinggi, Eri Iswandi, Senin (8/5).

Erdison Nimli menyebutkan, festival gambus dan lomba asmaul husna yang akan dilaksanakan itu selain untuk memeriahkan peringatan 1 Muharram, juga sekaligus untuk mengangkat kembali seni musik gambus kepermukaan  terutama kepada generasi muda. 

Ia melihat saat ini musik gambus sudah tergerus oleh zaman. Untuk itu harus ada sebuah gerakan untuk mengangkat dan memperkenalkan kembali seni musik gambus dan Asmaul Husna kepada masyarakat luas dan generasi muda. Apalagi musik gambus ini merupakan kekayaan budaya  yang menjadi warisan turun temurun yang wajib dilestarikan.

“Untuk terlaksananya dua kegiatan tersebut, kita tentu sangat mengharapkan kepada Pemko Bukittinggi, khususnya Kemenag untuk dapat mendukungan penuh kegiatan yang bakal dilaksanakan,” ujar Erdison Nimli yang sukses menginisiasi pemberian penghargaan kepada para seniman Sumbar baru baru ini.

Ia menambahkan, harapan untuk menyelenggarakan kegiatan sudah   pernah disampaikan sebelumnya kepada Kepala Kantor Kemenag bersama dengan Ketua MUI Bukitinggi, dan Ketua BKMT Bukittinggi pada saat peringatan Hari Jadi Kota (HJK) Bukittinggi ke 238.

Erdison Nimli berharap agar kegiatan bernuansa islami ini dapat terlaksana dan mendapat dukungan dari pemerintah daerah.

Kepala Kantor Kemenag Bukittinggi, Eri Iswandi menyambut positif kegiatan yang diinisiasi oleh anggota DPRD dari Fraksi Demokrat tersebut.

Menurutnya, kegiatan festival musik gambus dan Asmaul Husna perlu dibangkitkan kembali, apalagi kegiatan yang diadakan dalam rangka penyambutan 1 Muharram 1445 H.

“Untuk tindaklanjutnya akan kita rapatkan secara internal, kemudian kita bicarakan dengan Pemko Bukittinggi. Apakah Pemko ada kegiatan atau tidak untuk menyambut tahun baru hijriah ini. Setelah itu baru kita bicarakan kembali dengan Erdison Nimli,” ujar Eri Iswandi. (*)

Exit mobile version