Ibnu Asis Inisiasi Pelatihan Digital Marketing

Anggota DPRD Kota Bukittinggi Ibnu Asis menginisiasi pelatihan digital marketing bagi UMKM. GATOT

BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.ID — Anggota DPRD Kota Bukittinggi Ibnu Asis menginisiasi pelatihan digital marketing (pemasaran secara daring) bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Bukittinggi.

Pelatihan digital marketing yang diinisiasi itu guna menumbuhkembangkan UMKM yang mandiri, menciptakan UMKM yang naik kelas dan berdaya saing, serta menciptakan UMKM yang go digitalisasi.

“Untuk mendukung kemampuan digital marketing tersebut, sebanyak 40 orang pelaku usaha mikro di Bukittinggi kita berikan pelatihan secara intensif melalui dana pokok pikiran (Pokir) kita di DPRD. Kegitan ini diselenggarakan oleh Dinas Koperasi, UMKM dan Tenaga Kerja Kota Bukittinggi,” kata Ibnu Asis, Senin (29/5).

Ia mengatakan, UMKM memiliki peran penting dalam menopang perekonomian daerah, sehingga peningkatan daya saing penting dilakukan.

Salah satu langkah yang dapat ditempuh untuk memperluas jangkauan pasar dan daya saing UMKM tersebut adalah melalui sistem pemasaran menggunakan teknologi digital.

Melalui kegiatan itu diharapkan bisa membantu pemasaran bagi pelaku UMKM di Kota Bukittinggi secara digital, serta tercipta UMKM yang mandiri, berdaya saing dan melek teknologi.

Apalagi saat ini pemasaran berbagai produk sudah berbasis online, sehingga  para pelaku usaha mau tidak mau harus mengikuti perkembangan zaman serta teknologi tersebut.

Kepala Dinas Koperasi, UMKM dan Tenaga Kerja Kota Bukittinggi, diwakili Kepala Bidang Koperasi dan Pengembangan Usaha Mikro, Sesri mengatakan bahwa iklim usaha mikro di Bukittinggi sangat kondusif, sehingga pertumbuhannya dari waktu ke waktu sangat siginifikan.

“Kita mencatat bahwa pertumbuhan ekonomi Kota Bukittinggi  pasca  pandemi Covid-19 tahun lalu sangat didominasi oleh geliat perkembangan usaha mikro. Bahkan data statistik mencatat bahwa ada 300 persen pertambahan jumlah pelaku usaha mikro pasca pandemi Covid-19,” ujar Sesri.

Salah seorang peserta pelatihan yang berasal dari Sarojo, Ratnawita menyampaikan ucapan terimakasih kepada Ibnu Asis yang telah menjadi inisiator pelatihan pemasaran secara daring. (tot)

Exit mobile version