Lima Caleg PKS Diprediksi Bakal Melenggang ke DPRD Bukitinggi

BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.ID- Sekitar 5 orang calon anggota legislatif (caleg) Partai keadilan Sejahtera (PKS) Kota Bukittinggi diprediksi bakal melenggang ke DPRD Bukittinggi.

Berdasarkan rekapitulasi perolehan suara Partai Pemilu 2024 untuk DPRD Kota Bukittinggi di tiga daerah pemilihan (Dapil) Kota Bukittinggi, PKS memperoleh suara diatas 12 ribu.

“Berdasarkan hasil hitung sementara, perolehan suara PKS di tiga Dapil tersebut mencapai 12 ribu lebih. Kita memprediksi 5 orang calon anggota legislatif dari PKS akan mengisi kursi DPRD Bukittinggi untuk periode 2024-2029,” kata Ketua DPD PKS Bukittinggi Ibnu Asis, Sabtu (17/2/2024).

Menurutnya, dengan perolehan suara di atas 12 ribu itu, PKS Bukittinggi hampir bisa dipastikan akan menjadi partai pemenang atau peraih suara terbanyak pada Pemilu 2024 di Kota Bukittinggi.

Namun demikian, hasil resmi Pemilu 2024 bakal diketahui melalui rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara peserta Pemilu 2024 oleh KPU Bukittinggi. Untuk itu, PKS akan terus mengawal perolehan suara hingga nantinya diumumkan KPU.

“Ini baru hasil perhitungan sementara tim tabulasi data internal PKS. Untuk hasil resminya kita tunggu dari KPU,” ujar Ibnu Asis yang juga merupakan anggota DPRD Bukittinggi Periode 2019-2024.

Ia menyebutkan, 5 orang bakal calon anggota DPRD Bukittinggi yang terpilih itu tersebar di tiga Dapil. Dengan rincian untuk Dapil Bukittinggi 1 yakni Kecamatan Mandiangin Koto Selayan (MKS), PKS meraup 5.000 lebih suara dengan keterwakilan 2 orang bakal calon anggota DPRD terpilih.

Dapil Bukittinggi 2 yakni Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh (ABTB), PKS meraih sekitar 3.000 suara dengan keterwakilan 1 orang bakal calon anggota legislatif terpilih. Sedangkan untuk Dapil Bukittinggi 3 yakni Kecamatan Guguak Panjang, PKS meraih 4.000 lebih suara dengan 2 orang bakal calon anggota DPRD terpilih.

Dengan total sementara 5 orang bakal calon anggota DPRD terpilih, hampir bisa dipastikan bahwa Ketua DPRD Bukittinggi periode 2024 – 2029 menjadi milik PKS.

“Melihat hasil suara yang diperoleh, bisa saja berpotensi 6 orang calon yang bakal melenggang ke DPRD Bukittinggi. Mari kita tunggu hasil resminya dari KPU,” terang Ibnu.

Pada Pemilu 2019, PKS Kota Bukittinggi juga meraih 5 kursi di DPRD Kota Bukittinggi. Namun kalah perolehan suara dari Partai Gerindra yang juga sama sama meraih lima kursi di DPRD, sehingga kursi Ketua DPRD menjadi milik Gerindra, dan kursi Wakil Ketua DPRD dari PKS dan Demokrat. (*)

Exit mobile version