Tek Foto : Direktur RSAM Bukittinggi, drg. Busril.
BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.ID – Rumah Sakit Umum Daerah Achmad Mochtar (RSAM) Bukittinggi meraih hasil terbaik setelah dilakukan Survey Kepuasan Masyarakat (SKM). RSAM memperoleh nilai mutu pelayanan 93,06 dengan kategori “Sangat Baik”.
“Alhamdulillah, hasil SKM yang dilakukan oleh pihak luar yaitu Universitas Mohammad Natsir dengan membagikan kuisioner kepada masyarakat yang menggunakan layanan kesehatan di RSAM periode September 2023 hingga Oktober 2023 dan menyatakan RSAM memperoleh nilai A atau Sangat Baik,” kata Direktur RSAM, drg. Busril. MPH kepada sejumlah wartawan di ruang kerjanya, Rabu (3/4).
Menurut Busril, hasil survey tersebut, akan menjadi motivasi sekaligus apresiasi kepada seluruh tenaga medis dan seluruh pegawai.
Ia menjelaskan, hasil dari lembaga penelitian yang dilakukan oleh Universitas sebagai sebuah lembaga yang ditunjuk RSAM didapatkan hasil nilai untuk masing-masing instalasi yang ada di RSAM dengan nilai maksimal sesuai hasil survey dari masyarakat.
“Untuk Instalasi Gawat Darurat (IGD) diperoleh hasil SKM 92,24 dan Instalasi Rawat Inap mendapatkan nilai kepuasan masyarakat senilai 93,87,” jelas Busril.
Hasil memuaskan juga didapatkan dari kategori mutu pelayanan di Instalasi Rawat Jalan dan Pelayanan Penunjang dengan masing-masing nilai SKM 93,04 dan 92,72.
Busril menegaskan dengan rekomendasi hasil SKM yang didapatkan, RSAM menindaklanjuti dengan program kegiatan meliputi prioritas unsur dari persyaratan pelayanan, waktu pelayanan dan kompetensi petugas.
“Selanjutnya ditetapkan standar operasional prosedur dan standar pelayanan untuk waktu pelayanan dan mensosialisasikan tersebut di masing-masing instalasi kepada karyawan dan masyarakat,” ujar Busril.
“Mensosialisasikan tentang budaya kerja terbaik yang harus dimiliki karyawan di waktu apel pagi, upacara, rapat, informasi melalui media online dan elektronik sehingga dapat memberikan dampak peningkatan mutu pelayanan kearah yang sangat baik,” kata Busril.
Ia menambahkan di masing-masing unit dan layanan RSAM menyatakan MAKLUMAT PELAYANAN untuk peningkatan layanan sesuai standar, melaksanakan kewajiban dan memperbaiki secara terus menerus serta siap diberikan sanksi atas kesalahan.
Pada tahun 2024 RSAM merencanakan survey kepuasan dilakukan secara internal dengan periode evaluasi 1 x 3 bulan secara online dan ekternal 1 x 1 tahun.(h/ril).