BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.ID – BPJS Kesehatan terus berinovasi untuk meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat. Salah satu program yang diluncurkan adalah BPJS Online.
Program tersebut memudahkan peserta JKN untuk mengakses berbagai layanan administrasi BPJS Kesehatan secara daring. Mulai dari pendaftaran, pengaduan hingga perubahan faskes dapat dilakukan melalui BPJS Online.
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bukittinggi, Haris Prayudi mengungkapkan, saat ini telah lima nagari yang sudah melakukan kerja sama BPJS Online di seluruh wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Bukittinggi.
“Lima nagari tersebut tersebar di beberapa wilayah kerja kami, yaitu dua di Kabupaten Agam, satu di Kabupaten Pasaman dan dua lagi di Kabupaten Pasaman Barat. Tentunya ini akan terus berproses, karena dalam pekan ini kemungkinan ada penambahan lagi di dua nagari yang ada di Kabupaten Agam,” kata Haris, Kamis (5/9/2024).
Dijelaskannya, saat ini Nagari Tigo Koto Silungkang Tengah, Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam, menandatangani proses kerja sama BPJS Online di daerahnya. “Alhamdulillah, sudah berjalan dari Rabu kemarin. Setelah dilakukan penandatanganan kerja sama dengan pihak nagari, kami langsung lakukan uji coba dan melakukan evaluasi. Tentu kami mengharapkan agar kedepannya pelayanan ini terus bisa dijadwalkan dengan baik,” ujar Haris.
Selain itu, ia juga menyampaikan bahwa pelayanan BPJS Online ini adalah salah satu kanal layanan non tatap muka yang dimiliki oleh BPJS Kesehatan yang menunjang kebutuhan masyarakat di era digitalisasi layanan ini.
“Kami mempunyai beragam kanal layanan untuk masyarakat, mulai dari pelayanan tatap muka maupun non tatap muka. Pelayanan tatap muka, seperti pelayanan di Kantor BPJS Kesehatan Cabang/kabupaten/kota, pelayanan di Mall Pelayanan Publik dan BPJS Keliling,” ujar Haris.
Sedangkan untuk non tatap muka mulai dari penggunaan Aplikasi Mobile JKN, Whatsapp Pandawa, layanan Call Center 165 dan yang terbaru adalah layanan BPJS Online ini.