BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.ID – BPJS Kesehatan terus berinovasi untuk meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat. Salah satu program yang diluncurkan adalah BPJS Online.
Program tersebut memudahkan peserta JKN untuk mengakses berbagai layanan administrasi BPJS Kesehatan secara daring. Mulai dari pendaftaran, pengaduan hingga perubahan faskes dapat dilakukan melalui BPJS Online.
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bukittinggi, Haris Prayudi mengungkapkan, saat ini telah lima nagari yang sudah melakukan kerja sama BPJS Online di seluruh wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Bukittinggi.
“Lima nagari tersebut tersebar di beberapa wilayah kerja kami, yaitu dua di Kabupaten Agam, satu di Kabupaten Pasaman dan dua lagi di Kabupaten Pasaman Barat. Tentunya ini akan terus berproses, karena dalam pekan ini kemungkinan ada penambahan lagi di dua nagari yang ada di Kabupaten Agam,” kata Haris, Kamis (5/9/2024).
Dijelaskannya, saat ini Nagari Tigo Koto Silungkang Tengah, Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam, menandatangani proses kerja sama BPJS Online di daerahnya. “Alhamdulillah, sudah berjalan dari Rabu kemarin. Setelah dilakukan penandatanganan kerja sama dengan pihak nagari, kami langsung lakukan uji coba dan melakukan evaluasi. Tentu kami mengharapkan agar kedepannya pelayanan ini terus bisa dijadwalkan dengan baik,” ujar Haris.
Selain itu, ia juga menyampaikan bahwa pelayanan BPJS Online ini adalah salah satu kanal layanan non tatap muka yang dimiliki oleh BPJS Kesehatan yang menunjang kebutuhan masyarakat di era digitalisasi layanan ini.
“Kami mempunyai beragam kanal layanan untuk masyarakat, mulai dari pelayanan tatap muka maupun non tatap muka. Pelayanan tatap muka, seperti pelayanan di Kantor BPJS Kesehatan Cabang/kabupaten/kota, pelayanan di Mall Pelayanan Publik dan BPJS Keliling,” ujar Haris.
Sedangkan untuk non tatap muka mulai dari penggunaan Aplikasi Mobile JKN, Whatsapp Pandawa, layanan Call Center 165 dan yang terbaru adalah layanan BPJS Online ini.
Haris juga mendorong masyarakat khususnya di wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Bukittinggi untuk memanfaatkan layanan non tatap muka yang dimiliki oleh BPJS Kesehatan.
“Saat ini zaman sudah mengarah kepada era digitalisasi termasuk dalam hal pelayanan kepada masyarakat. Digitalisasi layanan ini seharusnya mampu menjembatani masyarakat yang terkendala waktu ataupun jarak,” ucapnya.
Layanan non tatap muka yang dimiliki tentunya menghadirkan kemudahan dan solusi untuk kendala tersebut. Ia berharap agar kanal layanan non tatap muka yang dimiliki oleh BPJS Kesehatan dapat di maksimalkan penggunaannya di tengah masyarakat.
Sementara itu, Wali Nagari Tigo Koto Silungkang, Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam, Doni Cendra mengatakan, nagarinya sangat mendukung penuh akan kerja sama tentang BPJS Online yang dilakukan BPJS Kesehatan dengan nagarinya.
“Kami sangat mendukung kehadiran BPJS Online ini di tengah-tengah Nagari Tigo Koto Silungkang, Kecamatan Palembayan, Agam. Karena melalui BPJS ini kami bisa mendapat jawaban atas kendala yang timbul di tengah masyarakat kami mengenai pelayanan kesehatan,” ujarnya.
Nagari Koto Silungkang menjadi lokasi kedua setelah Nagari Duo Koto di Kabupaten Agam yang menghadirkan layanan BPJS Online. “Kami sangat menantikan kerja sama BPJS Online ini akan terus berjalan demi memenuhi harapan masyarakat,” ucapnya. (*)