BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.ID – Sebagai badan hukum publik, BPJS Kesehatan terus berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh peserta JKN.
Salah seorang peserta JKN asal Kota Padang Panjang, Mukhwan (39) mengaku senang dengan pelayanan yang diterimanya. Terkhusus semenjak ia didiagnosis menderita penyakit End-Stage Renal Disease (ESRD) atau gagal ginjal kronis oleh dokter.
Mukhwan menceritakan pengalamannya bersama JKN yang selalu setia menemaninya ketika jatuh sakit. Pelayanan yang diterimanya sangatlah mudah dan cepat.
“Sejauh ini, ketika sakit saya pasti menggunakan kartu JKN untuk berobat. Bahkan saat momen seperti ini, saya masih mengandalkan program JKN,” kata Mukhwan ketika ditemui ketika menjalani Hemodialisis di salah satu RS Mitra BPJS Kesehatan, Rabu (25/9/2024).
Dijelaskannya, program JKN dari BPJS Kesehatan sangat bermanfaat sekali. Apalagi dengan kondisi penyakitnya gagal ginjal kronis yang harus menjalani cuci darah dua kali seminggu.
Ia juga menceritakan selama menjadi peserta JKN. Dirinya tidak merasa adanya perbedaan dalam hal pelayanan, baik untuk peserta JKN maupun pasien umum.
“Selama menjalani perawatan, saya tidak mengira akan dilayani seramah ini. Mulai dari petugasnya, perawat dan dokter memperlakukan saya sama dengan pasien umum lainnya. Saya sempat takjub dengan pelayanan seperti itu, karena tidak seperti rumor yang berkembang di tengah masyarakat tentang adanya perbedaan layanan bagi peserta JKN,” ujarnya.
Selain itu, Mukhwan juga berpendapat mengenai layanan non tatap muka yang dimiliki oleh BPJS Kesehatan. Menurutnya, layanan non tatap muka yang dimiliki oleh BPJS Kesehatan dirasa sudah sangat banyak memberikan keuntungan bagi peserta JKN.