Dharmasraya Persiapkan Puncak HLUN

Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan memimpin rapat persiapan hari puncak HLUN di Kabupaten Dharmasraya.maryadi

DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.ID — Sebanyak empat belas kegiatan direncanakan akan digelar selama kegiatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN), di Kabupaten Dharmasraya.”Ada empat belas kegiatan selama kegiatan HLUN di Kabupaten Dharmasraya, dimana acara puncak pada 29 Mei 2023 di Halaman Kantor Bupati Dharmasraya, ungkap Kepala Dinas Kominfo Dharmasraya, Rovanli Abdam, kepada awak media, Jumat (12/05), di ruangan kerjanya.

Di depan awak media yang bertugas di Kabupaten Dharmasraya itu ia meminta agar seluruh rangkaian kegiatan HLUN yang di pusatkan di Kabupaten Dharmasraya dapat diliput oleh wartawan Dharmasraya khususnya.

Ia memaparkan bahwa ada empat belas kegiatan yang akan dilaksanakan pada HLUN tahun 2023 ini, diantaranya adalah nikah isbad terpadu, operasi katarak, bantuan makanan lansia tunggal, pelayanan kesehatan terpadu, pembuatan E KTP Lansia, renovasi rumah lansia / rumah sejahtera terpadu, program pemberdayaan ekonomi Lansia, bakti sosial Tagana, pemberian bantuan kursi roda, kacamata, tongkat dan Walker.

Kemudian ulasnya, pembuatan taman Lansia, donor darah, pencanangan duta Lansia (Kampanye Sosial Lanjut Usia), pemberian sandang nutrisi dan yang ke empat belas adalah bantuan PKH dan sembako bagi Lansia.

“Kegiatan tersebut tersebar di sebelas kecamatan yang ada di Dharmasraya,” ungkap pamong senior ini.

Sebelumnya ia juga sudah rapat koordinasi dengan pihak Telkom bagaimana untuk memaksimalkan signal pada puncak acara, karena Mensos Tri Rismaharini akan melakukan telkomfrens dengan para Lansia di seluruh kecamatan yang ada di Dharmasraya.

Untuk pra kegiatan katanya, sebenarnya sudah dimulai, dimana pihak Dirjend Kementerian Sosial sudah berada di Dharmasraya untuk memfalitkan data yang sudah ada.” Karena Pak Direktur tidak mau data ABS, jadi timnya sudah menyebar ke seluruh nagari,” ungkapnya.

Ia menambahkan ada sekitar 200 orang pihak kementerian sudah berada di Dharmasraya dan menyebar ke seluruh nagari.

Berbagai persiapan diluar tekhnis juga dikaji pihak Kementerian Sosial, karena kalau Presiden tidak jadi menghadiri acara puncak HLUN, maka Menteri Sosial sudah dapat dipastikan hadir di Dharmasraya.”Kami sudah paham dengan karakter Ibu Menteri,” kata Kadiskominfo menirukan apa yang disampaikan pihak kementerian.

Mudah mudahan kata mantan Sekda Kota Sawahlunto ini, acara berjalan dengan baik dan berdampak besar terhadap masyarakat Dharmasraya khususnya.”Yang jelas secara ekonomis sangat berdampak bagi masyarakat, dari 500 lebih kita kabupaten se Indonesia sebahagian besar Kepala Dinas Sosial akan hadir di Dharmasraya,” tutupnya. (mdi)

Exit mobile version