Dinas Pertanian Dharmasraya Tunjukkan Produk Andalan pada Acara Penas Tani XVI 2023

HARIANHALUAN.ID – Pemerintahan Kabupaten Dharmasraya diwakili Dinas Pertanian menunjukkan ke masyarakat luas produk-produk andalannya pada acara Pekan Nasional Tani dan Nelayan Indonesia (Penas) dan Kontak Tani Nelayan Indonesia (KTNA) XVI 2023, di area Lapangan Udara (Lanud) Sutan Sjahrir Kota Padang.

Dari pantauan di lapangan acara tersebut dihadiri jutaan peserta dan pengunjung yang berasal dari kabupaten atau kota se-Indonesia.

Pada kesempatan itu, Kepala Dinas Pertanian Dharmasraya, Darisman mengungkapkan, beberapa produk yang ditampilkan yakni durian montong, buah nenas kursel berikut bibit dan produk olahan nenasnya. Selain itu, ada buah lengkeng kursel, ada Salak Pondoh Dharmasraya, Jeruk Manis Siguntur, dan beraneka ragam produk olahan dari Kelompok Wanita Tani (KWT), seperti keripik tempe, rendang paku, aneka kerupuk, serta ada pisang sale.

Selain itu, katanya, juga membawa berupa kelapa sawit super mulai dari bibit unggulnya, tandan buah segar (TBS), karnel sawit, cangkang sawit, CPO sampai sempel produk hilir dari buah sawit yang sudah diolah jadi minyak murni.

Darisman menjelaskan, dalam acara itu Dinas Pertanian Dharmasraya membawa 95 orang terdiri dari 20 petani, 63 penyuluh dan 12 orang selaku panitia.

“Insyaallah dengan menampilkan produk andalan kita dari Dharmasraya ini menjadi bahan percontohan hendaknya bagi kabupaten lain, semoga dalam acara Penas ini stan Dinas pertanian Dharmasraya mendapat pilihan utama oleh panitia/juri Penas. Amin,” ucap Darisman. (*)

Exit mobile version