ASN Dharmasraya Pungut Sampah Sepanjang Jalinsum, Peringati Hari Peduli Sampah Nasional

DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.ID- Puncak peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) di Kabupaten Dharmasraya tahun ini dilaksanakan dengan cara unik. Seluruh ASN menggelar gotong royong massal memunguti sampah di sepanjang jalan lintas Sumatera (Jalinsum) Jumat (01/03/2024).

Kegiatan gotong royong massal dipimpin Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan, SE, M.AP diikuti seluruh OPD dan wali nagari yang berada di sepanjang jalinsum.

“Seluruh camat, wali nagari dan sekolah juga melakukan kegiatan pemungutan sampah di lokasi masing-masing. Jadi hari ini kita semua memunguti sampah untuk menjaga kebersihan lingkungan,” ujarnya.

Menurutnya, gotong royong tersebut sebagai bentuk kampanye untuk menjaga kebersihan lingkungan sekaligus menghentikan kebiasaan membuang sampah ke jalan, yang masih banyak dilakukan pengguna jalan.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Dharmasraya, Budi Waluyo, S.PKP, mengatakan, momentum HPSN tahun ini untuk menjadikan semua pihak lebih peduli terhadap pengelolaan sampah.

“Utamanya kita harus mengurangi penggunaan kantong kresek atau plastik untuk mengurangi timbulan sampah plastik,” ungkapnya.

Ia mengatakan, saat ini timbulan sampah masih didominasi kantong plastik.

“Itu sebabnya tema HPSN tahun ini adalah mengatasi sampah plastik dengan cara produktif,” imbuhnya lagi.

Mantan wartawan itu mengaku telah mengkampanyekan anjuran masyarakat untuk membawa kantong belanja sendiri dari rumah serta mengimbau pedagang untuk tidak membungkus dagangan memakai kantong plastik.

“Seluruh ASN juga telah kita minta untuk membawa tambler untuk wadah minuman,” terangnya.

Di tempat terpisah, Plh Kepala UPTD Persampahan Kabupaten Dharmasraya, Yudha Topan, SP, M.Si, yang menggawangi instansi teknis yang mengelola sampah di daerah itu mengaku pihaknya masih belum bisa maksimal mengelola sampah karena sejumlah keterbatasan.

“Personil kami masih sedikit ditambah armada pengangkutan yang terbatas dan usianya sudah tua,” ulasnya.

Padahal, menurutnya, permintaan masyarakat untuk menjadi nasabah pengangkutan sampah saat ini sangat banyak.Mantan Kasubag Publikasi Humas itu berharap mendapat tambahan personil dan armada pengangkutan untuk dapat melayani pengangkutan sampah lebih banyak lagi.

“Sekaligus kami dapat lebih menggenjot capaian PAD yang ditargetkan tahun ini,” tutupnya. (*)

Exit mobile version