KS-PNM Nagari Sikabau Komitmen Tunjang Perekonomian Masyarakat

DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.ID- Guna menunjang laju pertumbuhan ekonomi penduduk Nagari Sikabau pada sektor perkebunan, Koperasi Sawit Pusako Ninik Mamak Sikabau (KS-PNM) turunkan dua alat berat guna perbaiki akses jalan menuju lahan perkebunan masyarakat yang sudah rusak parah, Rabu (20/3/2024).

Disampaikan Ketua KS-PNM, Herianto Datuak Mandaro, perbaikan ini sudah berjalan selama seminggu, dengan panjang jalan yang diperbaiki lebih kurang tujuh Kilometer, dengan lebar jalan 4,5 meter, yang sekarang pengerjaannya sudah hampir rampung sepenuhnya.

“Jalan ini adalah jalan utama menuju ke area perkebunan masyarakat Nagari Sikabau, jalan poros yang menentukan sirkulasi ekonomi bagi masyarakat, sehingga berfungsi sangat vital, maka dari itu, niniak mamak Nagari Sikabau memutuskan untuk menyisihkan sebagian dana dari koperasi untuk perbaikan jalan ini,” ucapnya.

Sebelumnya, dikatakan Herianto, jalan tersebut memang sangat miris kondisinya, apalagi saat musim hujan datang, sehingga masyarakat kesulitan dalam membawa hasil panen mereka ke luar untuk dijual, dan itu tentu sangat menghambat proses dan juga turut menurunkan harga.

“Getah dan karet itu ada yang namanya berat susut, yaitu berkurangnya berat timbangan komoditi tersebut karena berbagai faktor, yang kemudian dengan adanya perbaikan jalan ini tentu memperkecil kemungkinan tersebut,” terangnya.

Sementara itu, Wildan (30) salah seorang masyarakat Nagari Sikabau menyebutkan, bahwa ia sangat berterima kasih kepada pihak KS-PNM yang telah menyisihkan dana untuk perbaikan jalan utama bagik perkebunan masyarakat tersebut.

“Sungguh, saya merasa sangat terbantu dengan adanya perbaikan jalan ini. Maka dari itu saya mengucapkan terima kasih sepenuhnya untuk pihak KS-PNM, sebab ini adalah langkah spektakuler yang diambil oleh pihak KS-PNM dalam membangun ekonomi nagari,” tutupnya.

Kedepannya, Wildan berharap agar pengurus KS-PNM juga dapat mengambil langkah-langkah strategis lainnya dalam menunjang perekonomian masyarakat Nagari Sikabau. (*)

Exit mobile version