Caption Foto : Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan, saat melaunching layanan 112 di Halaman Kantor Bupati.ist
DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.ID — Layanan kedaruratan 112, sudah bisa dimanfaatkan oleh masyarakat Dharmasraya setelah dilaunching oleh Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan, SE. MAP, pada pekan lalu.
Dalam kesempatan itu, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, didampingi PIC Layanan Panggilan Darurat (Call Center) 112 Direktorat Pengembangan Pitalebar Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, Agung Setio Utomo, General Manager (GM) Business Development PT. Digital Sandi Informasi (DSI), selaku penyedia layanan, Hary Fridayanto, Sekda H. Adlisman dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Rovanly Abdams.
“Alhamdulillah, layanan panggilan kedaruratan 112 ini merupakan salah satu kado kemerdekaan buat masyarakat. Mudah-mudahan semakin memudahkan masyarakat dalam melaporkan atau melakukan permintaan pertolongan apabila terjadi keadaan darurat di wilayah kita,” ungkap bupati yang juga Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kabupaten Dharmasraya (Apkasi) itu, ketika ditemui setelah upacara.
Dirinya juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika, dan PT. DSI, yang telah memfasilitasi pemerintah Kabupaten Dharmasraya untuk meningkatkan layanan kedaruratan di wilayahnya.
Sebelumnya, Pemkab Dharmasraya melalui Diskominfo sudah melaksanakan pelatihan kepada para petugas yang berada di OPD dan BPBD sebagai pusat layanan 112.
Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Dharmasraya, Rovanly Abdams, didampingi Kabid Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Ana Setiyawati, mengatakan, setelah rangkaian persiapan, mulai dari verifikasi kelayakan, dengar pendapat dari pihak-pihak yang berkepentingan, pelatihan call taker, dan launching pada hari ini, call center 112 secara otomatis sudah aktif dan siap melayani masyarakat.
“Ini artinya masyarakat kita mulai hari ini sudah dapat menghubungi layanan 112 apabila membutuhkan layanan kedaruratan untuk mendapatkan pertolongan mendesak dan segera,” lanjut Rovan.
Menurut Rovan, layanan kedaruratan 112 Kabupaten Dharmasraya dapat diakses secara gratis alias tanpa pulsa. Selain itu juga dapat dihubungi walaupun dalam keadaan telepon genggam terkunci.
“Namun demikian, kami menghimbau kepada masyarakat untuk menggunakan layanan ini dengan semestinya. Tidak melakukan panggilan untuk laporan hoax atau iseng,” ujarnya.
Dirinya menjelaskan, perangkat call center 112 dapat mendeteksi nomor dan memetakan wilayah dari mana panggilan tersebut berasal. Hal tersebut selain memudahkan petugas untuk mengetahui area untuk memberi pertolongan, juga untuk mengantisipasi terjadinya panggilan palsu.
“Pada dasarnya petugas sudah dilatih untuk membedakan panggilan yang benar-benar membutuhkan pertolongan, atau panggilan palsu. Namun demikian kita juga perlu perangkat ini untuk mengantisipasi sekiranya ada panggilan yang tidak kita inginkan,” ungkapnya.
“Mari gunakan sebaik baiknya layanan 112 sesuai kegunaannya dan jangan permainkan,” tutupnya.(*)