Delapan Nagari Persiapan Solok Selatan Tinggal Tahapan Ekspose

Penyerahan dokumen persiapan nagari

Penyerahan dokumen terkait pengajuan nagari persiapan oleh Dinas Sosial dan PMD Solok Selatan ke Pemprov Sumbar di Kota Padang, beberapa waktu lalu. IST

HALUANNEWS, SOLOK SELATAN – Sebanyak delapan nagari persiapan yang didaftarkan oleh Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Solok Selatan (Solsel) kini tinggal menunggu tahapan ekspose.

Adapun nagari persiapan yang diajukan, yakni Lubung Gadang Barat, Lubuk Gadang Barat Daya, Lubuk Gadang Tenggara, Pekonina Alam Pauh Duo, Pakan Rabaa Selatan, Batang Lolo, Balun Pakan Rabaa Tengah, dan Pakan Rabaa Utara 2.

Kepala Dinas Sosial dan PMD Solok Selatan, Alfis Basyir menjelaskan, upaya pengajuan nagari persiapan di Solok Selatan bertujuan untuk mempercepat ketertinggalan Kabupaten Solok Selatan, agar tercapainya kemajuan melalui pemekaran nagari.

“Sesuai dengan instruksi bupati, bahwasanya nagari persiapan yang telah dilakukan pengajuannya sejak 2017 membutuhkan upaya yang jelas dan optimal untuk percepatannya dari pemekaran nagari di Solok Selatan,” ujarnya, Selasa (7/6/2022).

Alfis Basyir menjelaskan, upaya pengajuan delapan nagari persiapan di Solok Selatan tersebut dalam prosesnya telah sampai pada penerimaan dokumen oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI, yang didampingi langsung oleh Pemerintahan Provinsi Sumatra Barat pada beberapa waktu yang lalu.

“Dokumen dan persyaratan dari kita telah diterima oleh Kemendagri pada 31 Mei 2022. Untuk selanjutnya, kita menunggu jadwal ekposenya saja, di mana tahapan itu dalam perkiraannya akan dilakukan pada Juli ini dari pihak Pemprov Sumbar,” katanya menjelaskan.

Dari Dinsos dan PMD Solok Selatan sendiri, pihaknya telah mengoptimalkan pengerjaan nagari persiapan tersebut dengan sebaik-baiknya. Mulai dari pengecekan atas kelengkapan dokumen, pelaporan hasil kepada pimpinan, hingga membangun koordinasi dan komunikasi dengan masing-masing nagari persiapan.

Adapun dalam tahapan ekspose nantinya, sambung Alfis Basyir, bahwa tahapan tersebut mekanisme kerjanya lebih kepada sinkronisasi dokumen dengan kondisi lapangan dari nagari persiapan itu sendiri.

“Mulai dari pengecekan kondisi lapangan, sinkronisasi data terkait dan sampai kepada sinkronisasi batas nagari. Dan rasanya ini telah kami maksimalkan pengerjaannya hingga penyesuaian dokumennya. Kami optimis setelah tahapan ekpose ini, nagari persiapan di Solok Selatan akan siap menunggu dan menuju tahapan pengodean desa dari Kemendagri nantinya,” ujar Kadis Sosial dan PMD Solok Selatan mengharapkan.

Melalui Dinas Sosial dan PMD, Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Solsel mengharapkan agar realisasi nagari persiapan ini dapat berjalan dengan lancar dan sesuai prosedurnya. Pentingnya upaya pemekaran nagari ini merupakan salah satu capaian untuk mengejar ketertinggalannya dari kabupaten/kota yang lain. Sehingga Solok Selatan pun dapat mencapai kemajuannya sesuai dengan visi dan misi yang telah dicanangkan kedepannya. (*)

Exit mobile version