Bertemu Gubernur, Danrem 032/Wbr Brigjen TNI Purmanto Sampaikan Komitmen Ikut Membangun Sumbar

Danrem 032/Wbr Brigjen TNI Purmanto beserta jajaran, saat bersilaturahmi dengan Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah di Istana Gubernur Sumbar, Senin (27/12). IST/BIRO ADPIMPROV

PADANG, HALUAN — Sinergi dan kolaborasi akan terus menjadi sikap bersama dalam menggerakkan pembangunan di Sumatra Barat (Sumbar). Hal itu pula yang ditegaskan Komandan Korem (Danrem) 032/Wirabraja, Brigjen TNI Purmanto, saat bersilaturahmi dengan Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah, di Istana Gubernur Sumbar, Senin (27/12).

“TNI di Sumbar dan saya secara pribadi siap untuk berkolaborasi dan bersinergi dengan Pemprov Sumbar dalam hal mendukung pembangunan daerah. Kolaborasi penting untuk mensinkronkan kehadiran kami dengan cita-cita pembangunan daerah,” ucap Brigjen TNI Purmanto.

Purmanto yang baru bertugas di Sumbar itu mengatakan, TNI tetap tidak hanya akan mengurus urusan teritorial, termasuk di Sumbar. Sebab, salah satu tugas pokok lainnya adalah berkolaborasi dengan pemerintah dan masyarakat, terutama sekali dalam mengembangkan sektor peternakan dan pertanian.

“Mudah-mudahan ke depan akan terus terbangun hubungan yang selaras antara Korem 032/Wbr dengan pemerintah dan masyarakat di Sumbar,” ujarnya lagi.

Sementara itu, Gubernur Sumbar, Mahyeldi merespons dengan sangat baik apa yang harapkan dan dicita-citakan oleh Brigjen Purmanto untuk Sumbar. Ia menjelaskan, bahwa salah satu fokus Pemprov saat ini adalah melakukan pembinaan terhadap Badan Usaha Milik Nagari (Bumnag) dan Bumdes.

“Ada tiga strategi yang dilakukan, yaitu pemilihan pengelola yang tepat, pemilihan bidang usaha yang sesuai dengan potensi nagari, serta pengawasan yang baik. Contohnya saja dalam hal pemanfaatan pupuk dan pakan ternak, yang nantinya akan sampai pada pelatihan memproduksi sendiri pakan ternak itu,” kata Mahyeldi.

Tidak hanya itu, Mahyeldi juga memaparkan fokus kerja Pemprov Sumbar yang lain untuk menggerakkan sektor pariwisata, perkebunan, pengelolaan bank sampah, simpan pinjam, perikanan, perdagangan hasil hutan, hingga penyediaan sarana produksi pertanian seperti pupuk dan racun hama.

“Semua keuntungan dari Bumnag dan Bumdes sepenuhnya menjadi pendapatan asli nagari dan desa,” kata Gubernur yang disambut dengan apresiasi oleh Danrem 032/Wbr Brigjen TNI Purmanto.

Oleh karena itu, sambung Mahyeldi, hadirnya kolaborasi yang baik antara Pemprov Sumbar dengan Korem 032/Wbr diyakini akan mempercepat gerak pembangunan daerah, baik di sektor pertanian, maupun dalam melaksanakan misi pembangunan lainnya. (h/rel)

Exit mobile version