14 ASN Bersaing Memperebutkan Tiga Kursi Kadis di Kota Padang

Kursi jabatan

HARIANHALUAN.ID — Sebanyak 14 aparatur sipil negara (ASN) akan mengikuti uji kompetensi atau job fit untuk jabatan pimpinan tinggi pratama atau Kepala organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkup Pemko Padang.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Padang, Arfian mengatakan, hal ini dilakukan setelah keluarnya hasil rekomendasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) pada Jumat (25/6/2022).

“Kita mengajukan permohonan ke KASN pada 20 Juni 2022. Pada Jumat kemarin, kita sudah memiliki rekomendasi pelaksanaan dari KASN untuk tiga jabatan kepala dinas (kadis) ini,” katanya, Senin (27/6/2022).

Arfian mengatakan, saat ini ada tiga jabatan yang kosong di Pemko Padang, yaitu Kepala Dinas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Dinas Perdagangan.

Dikatakannya, ketiga jabatan ini dijalankan oleh Pelaksana Tugas (Plt), namun bagaimanapun keberadaan pimpinan definitif sangat dibutuhkan.

“Kekosongan jabatan ini tidak bisa dibiarkan terlalu lama. Sebab, pelayanan kepada masyarakat harus tetap jalan,” katanya.

Arfian mengatakan, untuk jadwal pelaksanaan uji kompetensi akan disusun oleh panitia seleksi (pansel) yang diketuai oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Padang.

“Saat ini menunggu petunjuk dan arahan dari Wali Kota Padang untuk kapan dilaksanakan uji kompetensi bagi jabatan pimpinan tinggi pratama atau kepala OPD, di lingkup Pemko Padang,” ujarnya.

Untuk diketahui, job fit atau yang juga biasa disebut dengan person job fit, merupakan cara untuk menilai kecocokan karakteristik kandidat dengan suatu posisi di tempatnya bekerja melalui kepribadian, soft skill, pengalaman dan nilai-nilai yang mereka miliki dalam bekerja. (*)

Exit mobile version