Walikota Deri Asta Ajak Pemprov dan Pemerintah Pusat Optimalkan Pengelolaan OCMHS

HARIANHALUAN.id – Wali Kota Sawahlunto Deri Asta mengajak Pemprov Sumbar dan pemerintah pusat untuk meningkatkan komitmen dan upaya dalam mengelola Ombilin Coal Mining Heritage Sawahlunto (OCMHS).

“OCMHS ini bukan hanya milik Sawahlunto, tapi milik Sumbar dan Indonesia. Jadi mari kita bersama mengelolanya,” kata Wali Kota Deri Asta, dalam sambutannya pada sarasehan peringatan tiga tahun Ombilin Coal Mining Heritage Sawahlunto (OCMHS), di Sawahlunto, Rabu 06 Juli 2022 malam.

Wali Kota Deri Asta menyebut Pemko Sawahlunto, Pemprov Sumbar dan pemerintah pusat memiliki kewenangannya masing-masing dalam mengurus OCMHS, itulah yang harus disinergikan.

“Kami di Pemko Sawahlunto dalam hal ini kewenangannya yaitu menjaga dan merawat kawasan dan aset-aset yang termasuk dalam OCMHS. Hal itu telah kami laksanakan dengan kebijakan dan program-program terkait,” kata Wali Kota Deri Asta.

Wali Kota Deri Asta menyebut untuk kewenangan lainnya seperti pembentukan Badan Pengelola itu berada di tangan pemerintah pusat.

“Keberadaan Badan Pengelola OCMHS itu penting, perannya besar dalam mengelola warisan dunia Sawahlunto. Untuk itulah kita berharap dan terus mendorong pemerintah pusat dalam merealisasikan Badan Pengelola tersebut,” kata Wali Kota Deri Asta.

Wali Kota Deri Asta juga mengajak enam daerah di Sumbar yang termasuk dalam kawasan OCMHS untuk bersama-sama berperan aktif meminta pada pemerintah pusat terkait pembentukan Badan Pengelola.

“Daerah yang termasuk OCMHS adalah Kota Padang, Kota Padang Panjang, Kota Solok, Kabupaten Solok, Kabupaten Padang Pariaman dan Kabupaten Tanah Datar,” kata Wali Kota. (*)

Exit mobile version