Mulai Tinggalkan Mina, Jemaah Haji Embarkasi Padang Lakukan Tawaf Ifadah

HARIANHALUAN.id -Setelah menyelesaikan puncak ibadah haji, wukuf di Arafah jemaah haji langsung menuju Muzdalifah dan Mina (Armuzna). Hari ini, Senin (11/7) jemaah haji kembali ke Makkah.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU), Joben menyampaikan bahwa seluruh jemaah haji Sumatera Barat sudah menyelesaikan rangkaian puncak haji.

“Setelah wukuf di Arafah Jumat lalu, jemaah langsung menuju Muzdalifah dan mabit. Kemudian dilanjutkan ke Mina untuk melontar jamarat. Selesai salat subuh jemaah langsung melempar jumratul Aqabah lalu kembali ke tenda di Mina,” jelas Joben.

Dikatakan Joben jemaah berada di Mina selama 3 hari sejak hari Sabtu dan berakhir hari ini, Senin 11 Juli bagi yang melaksanakan nafar awal dan langsung kembali ke Makkah.

“Bagi yang memilih nafar Tsani mereka akan melempar jumrah sampai esok dan langsung menuju Makkah. Untuk jemaah Sumbar, Kloter 1, 2, 4, dan 5 memilih nafar awal. Sementara Kloter 3 memilih nafar tsani,” jelas Joben.

Dari Tanah Suci Makkah, salah seorang Ketua Kloter (PDG 01), Indra Gunawan menyampaikan melalui telepon genggamnya, jemaah haji Sumbar sudah bergerak menuju Makkah sejak pagi Senin pukul 08.00 waktu setempat atau samadengan pukul 12.00 WIB.

Indra juga menceritakan perjalanan Kloter I yang dipimpinnya bersama jemaah haji Sumbar lainnya. Jemaah bergerak dari Arafah menuju Muzdalifah dan Mabit melewati pertengahan Malam, Sabtu pukul 03.00 WAS.

Sesampai di Mina, ulas Indra jemaah haji melaksanakan Shalat Subuh, selanjutnya melontar Jumrotul Aqobah kembali ke tenda dan dilanjutkan dengan mencukur rambut dan selesai tahallul awal.

“Minggu setelah Shalat Subuh jemaah Haji kembali melontar Jamarat (Ula, Wustha dan Aqabah). Dan pada hari ini, Senin (11/7) jemaah melaksanakan pelontaran terakhir untuk Jumratul Ula, Wustha dan Aqabah,” terangnya.

Karena memilih nafar awal, tepat pukul 08.00 Was jemaah mulai meninggalkan Mina menuju Makkah. Sesampai di Makkah, malam ini pukul 21.00 Was jemaah akan melaksanakan Tawaf Ifadah, Sa’i dan selesai Tahallul yang kedua.

“Alhamdulillah jemaah haji dalam kondisi sehat. Sebagai petugas kami mengharapkan semua  jemaah haji tetap dalam kondisi sehat walafiat dan mampu melaksanakan seluruh rangkaian ibadah haji,” harap Kasi PHU Kepulauan Mentawai ini.

Bagi jemaah yang mengambil nafar awal, sebelum Magrib jemaah sudah harus berada di Makkah. Perjalan dari Mina menuju Makkah kuranglebih 35 menit, menggunakan bus yang sangat nyaman, jelas Indra.

Terakhir Indra menjelaskan untuk nafar awal, jemaah melontar jumrah dari tanggal 10 hingga 12 Dzulhijjah. Sedangkan yang mengambil nafar tsani akan melaksanakan lontar jumrah hingga 13 Dzulhijjah, pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenag Sumbar Helmi, mengucapkan selamat kepada jemaah haji yang telah menyelesaikan rangkaian puncak haji.

“Mudah mudahan semua jemaah Embarkasi Padang, selalu dalam keadaan sehat dan diberi kekuatan dalam menjalankan setial rangkaian ibadaj haji,” harapnya.

Tak lupa Kakanwil juga menitipkan doa bagi keselamatan bangsa dan negara agar terhindar dari segala ancaman dan wabah. Karena Indonesa masih dalam tantangan permalahan pasca Covid 19.

Hingga berita ini diterbitkan, semua jemaah Sumbar yang melaksanakan nafar awal sudah tiba di Makkah dan bersiap melaksanakan tawaf ifadah. (*)

Exit mobile version