Tak Didampingi Disnak, Bhabinkamtibmas Polres Dharmasraya Terus Pantau PMK di Ternak Warga

HARIANHALUAN.id – Penularan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak bukan hanya tugas dari petugas kesehatan hewan, namun Bhabinkamtibmas sebagai ujung tombak dari Kepolisian pada lapisan masyarakat bawah juga ikut melakukan pemantauan dan sosialisasi.

Misalnya Bhabinkamtibmas Nagari Simalidu Kecamatan Koto Salak, Kabupaten Dharmasraya, beberapa waktu lalu di wilayah kerjanya turun ke lapangan untuk melakukan pemantauan dan pengecekan terhadap hewan ternak sapi milik warga guna mengantisipasi penyebaran virus PMK pada hewan ternak.

Kapolres Dharmasraya AKBP Nurhadiansyah melalui Humas Polres Dharmasraya, Ipda. Marbawi mengatakan, kegiatan tersebut bermaksud agar hewan ternak yang dipelihara oleh masyarakat tidak terdampak virus PMK. Ia menghimbau kepada warga untuk selalu berkoordinasi dengan petugas kesehatan hewan memastikan kesehatan hewan ternaknya.

Selain itu Bhabinkamtibmaas Nagari Sungai Langkok Kecamatan Tiumang, juga melakukan hal yang sama terhadap masyarakat peternak, Bhabinkamtibmas bersama warga Nagari Sungai Langkok melakukan pengecekan terhadap hewan ternak sapi mengantisipasi penyebaran virus PMK pada hewan ternak.

Kegiatan tersebut bermaksud agar hewan ternak yang dipelihara oleh masyarakat tidak terdampak virus PMK dan memastikan kebutuhan daging di Nagari Sungai langkok terpenuhi.

Sayangnya apa yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas tidak didampingi secara teknis oleh Dinas Peternakan Dharmasraya, hanya sebatas sosialisasi saja. (*)

Exit mobile version