Pemerintah Kota Pariaman Terima Satu Unit PDU Sampah dari KLHK

Pusat Daur Ulang Sampah

Wali Kota Pariaman, Genius Umar menerima bantuan PDU dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Selasa (26/7/2022). IST

HARIANHALUAN.ID – Pemerintah Kota (Pemko) Pariaman mendapatkan satu unit Pusat Daur Ulang (PDU) sampah beserta sarana dan prasarana yang diterima langsung oleh Wali Kota Pariaman, Genius Umar pada peresmian fasilitas pengelolaan sampah dan rumah kompos di Gedung Manggala Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Jakarta, Selasa (26/7/2022).

Fasilitas pengelolaan sampah dan rumah kompos diresmikan langsung oleh Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Berbahaya dan Beracun Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Rosa Vivien Ratnawati. 

“Saya atas nama Pemko Pariaman menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kementerian Lingkungkan Hidup dan Kehutanan, khususnya Direktorat Penanganan Sampah Ditjen Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Berbahaya dan Beracun atas bantuan PDU sampah yang telah diberikan kepada Pemerintah Kota Pariaman,” ujarnya.

Genius Umar menjelaskan bahwa Pemko Pariaman berkomitmen untuk memanfaatkan PDU tersebut untuk mengolah sampah, agar menjadi nilai ekonomi, seperti biji plastik, kompos dan lainnya.

“Pada kesempatan tersebut, ada lima daerah yang mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat, yakni Kota Pariaman, Kabupaten Lombok Barat, Kabupaten Kudus, Kabupten Magelang, dan Kabupaten Minahasa,” ujarnya.

Kelima daerah itu merupakan daerah kunjungan pariwisata di Indonesia yang banyak memproduksi sampah. Kota Pariaman merupakan kota wisata dan harus bersih, maka PDU menjadi solusinya. (*)

Exit mobile version