Peringati Hari Kemerdekaan, TNI AL Kibarkan Sang Merah Putih di Bawah Laut

Lantamal II Padang

HARIANHALUAN.ID – Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) yang ke-77 tahun, Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut (AL) melaksanakan pengibaran bendera merah putih secara serentak di 77 lokasi di seluruh Indonesia.

Di Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) pengibaran bendera merah putih dilaksanakan di dua titik, yaitu di kawasan perairan Pantai Paku, Sungai Nyalo, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, serta di perairan kawasan wisata Mandeh.

Diketahui, sehari sebelumnya bendera merah putih yang akan dikibarkan di bawah laut tepat pada peringatan hari kemerdekaan tersebut, diserahkan langsung oleh Gubernur Sumatra Barat, Mahyeldi Ansharullah kepada Komandan Lantamal II Padang, Laksamana Pertama TNI Endra Sulistiyono.

“Upacara pengibaran bendera merah putih yang kita laksanakan ini merupakan bagian dari kegiatan pengibaran bendera serentak bawah laut, yang dilakukan di 77 titik di seluruh Indonesia dalam rangka peringatan hari kemerdekaan yang ke-77,” ujar Komandan Lantamal II, Laksamana Pertama TNI Endra Sulistiyono.

Lebih lanjut Komandan Lantamal menyebutkan, dipilihnya kawasan Mandeh sebagai titik penyelaman, tidak terlepas dari keinginan untuk mempromosikan kawasan wisata Mandeh yang dikenal indah dan memiliki kekayaan bawah laut yang luar biasa, sehingga perlu dijaga kelestariannya.

“Selain itu, kegiatan ini juga merupakan komitmen kuat dari TNI AL dalam membina potensi maritim Indonesia. Sembari menyemarakkan hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-77,” ucapnya.

Laksamana Endra Sulistiyono mengatakan, kegiatan yang digelar serentak di seluruh Indonesia ini, juga telah berhasil memecahkan Rekor MURI dengan pengibaran bendera merah putih secara serentak terbanyak di bawah laut di Indonesia dan dunia, serta diakui langsung oleh Museum Rekor Indonesia.

Titik penyelaman dan pengibaran bendera di lokasi nomor 34, dilaksanakan di bawah komando Yonmarhanlan II, Pasmar I dengan Komandan Tim Selam Mayor Marinir Rahmat Iskandar. Sedangkan titik penyelaman No. 50 Lantamal II dipimpin langsung oleh  Komandan Tim Selam Danyonmarhanlan II, Mayor Marinir Arief Bastian Sanusi Chaniago.

Pemecahan rekor MURI pengibaran bendera merah putih bawah laut di 77 lokasi di seluruh Indonesia ini, melibatkan 22 penyelam profesional yang terdiri dari 13 penyelam Yonmarhanlan II, dua Penyelam Pomal Lantamal II, serta tujuh penyelam yang berasal dari Brimob Polda Sumbar. (*)

Exit mobile version