Ribuan Warga Antusias Saksikan Pawai Alegoris di Bukittinggi

Pawai Alegoris

Ribuan warga tumpah ruah menyaksikan pawai alegoris yang diselenggarakan Pemko Bukittinggi dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke-77, Kamis (18/8/2022). Gatot

HARIANHALUAN.ID – Ribuan warga tumpah ruah menyaksikan pawai alegoris yang diselenggarakan Pemko Bukittinggi dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-77, Kamis (18/8/2022).

Kegiatan pawai alegoris dimulai dari Lapangan Kantin dan finis di kawasan Pedestrian Jam Gadang. Dari tribun panggung kehormatan depan Kantor  PLN Bukittinggi, wali kota beserta unsur Forkopimda, ketua TP PKK, bundo kanduang, jajaran SKPD dan undangan lainnya menyaksikan satu persatu kelompok peserta pawai.

“Alhamdulillah, tahun ini kita kembali bisa melaksanakan pawai alegoris dalam rangka momentum HUT Kemerdekaan RI. Sebelumnya dalam dua tahun belakangan kegiatan pawai tidak dapat digelar karena pandemi Covid-19,” kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Bukittinggi, Melfi Abra.

Ia menyebutkan, pawai alegoris diikuti 100 lebih kelompok peserta yang terdiri dari pelajar se-Kota Bukittinggi, perguruan tinggi, instansi pemerintah dan swasta, BUMN dan BUMD. Pendaftaran peserta pawai tahun ini juga berbeda dibandingkan pelaksanaan pawai di tahun sebelumnya.

Untuk tahun ini, peserta pawai harus mendaftar melalui google form yang telah dipersiapkan oleh panitia. Kemudian peserta mencabut nomor lot untuk menentukan urutan barisan dalam pawai.

“Kita meapresiasi atas partisipasi dan dukungan dari para peserta untuk mendukung pelaksanaan pawai alegoris. Sejumlah penampilan, antraksi, marching band dan kendaraan hias ditampilkan dalam pawai,” ujar Melfi

Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar menyampaikan apresiasi atas semangat dan kreatifitas dari peserta pawai yang turut, serta memeriahkan HUT Kemerdekaan RI. Ia juga mengaku bangga melihat antusias warga yang ikut menyaksikan kegiatan pawai alegoris.

“Bukittinggi merupakan kota sejarah karena pernah menjadi Ibukota Negara Republik Indonesia. Dengan  kemeriahan pawai ini merupakan bagian dari semangat kita dalam mengisi HUT Kemerdeka RI ke-77. Kita merasa bangga dengan berbagai kreativitas yang ditampilkan dalam pawai. Begitu juga antusias warga dan pengunjung yang menyaksikannya,” ujar Erman Safar.

Guna mendukung kelancaran dan keamanan pawai alegoris, Pemko Bukittinggi melibatkan aparat dari Polres Bukittinggi, Kodim 0304/Agam, Satpol PP, Dinas Perhubungan, PMI, Dinas Kesehatan dan lintas instansi lainnya. (*)

Exit mobile version