Persatuan Dokter Gigi Cabang Payakumbuh-Lima Puluh Kota Gelar Muscab

persatuan dokter gigi

HARIANHALUAN.ID – Musyawarah Cabang (Muscab) Persatuan Dokter Gigi Indonesia Lima Puluh Kota dan Payakumbuh hendaknya menjadi ajang untuk merumuskan peningkatan  kapasitas dokter gigi dalam pengabdian ke masyarakat.

Tidak hanya itu, muscab yang dirangkai dengan Seminar Ilmiah PDGI Cabang kali ini harus mampu menambah pengetahuan dan kompetensi para dokter gigi di zaman serba digital ini. 

Demikian pesan-pesan Bupati Lima Puluh Kota, Safaruddin Datuk Bandaro Rajo ketika membuka serta menghadiri secara resmi pembukaan Muscab PDGI Lima Puluh Kota-Payakumbuh di Hotel Mangkuto, Sabtu (20/8/2022).

Muscab PDGI yang dirangkai dengan pemilihan pengurus tersebut turut dihadiri Kepala Dinas Kesehatan Adel Nofiarman, Ketua PDGI Sumbar, Busril, pengurus PDGI Lima Puluh Kota dan Payakumbuh, serta berbagai organisasi profesi yang ada di Luak Limo Puluh.

Pada bagian lain penyampaiannya, Bupati Safaruddin mengapresiasi atas terlaksananya kegiatan ini. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada PDGI Luak Limo Puluh yang punya inisatif untuk meningkatkan kapabilitas profesi dokter gigi, serta turut membantu pemerintah daerah dalam urusan kesehatan mulut dan gigi.

Bupati juga menyebut, jika seminar ini sejalan dengan visi Pemerintah Kabupaten Lima Puluh, yang terletak pada misi pertama daerah, yaitu meningkatkan sumber daya manusia yang berbudaya dan berdaya saing. 

“PDGI memiliki posisi strategis untuk bersinergi dengan pemerintah daerah. Oleh karena itu, kolaborasi antar stakeholder dapat menanggulangi masalah kesehatan yang terdapat di masyarakat,” ucap Bupati Safaruddin.

Bupati juga menekankan kepada PDGI untuk berperan aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan di samping melaksanakan tugas rutin profesi sebagai dokter gigi. “Tujuannya agar PDGI sebagai suatu organisasi betul-betul dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” ucap Bupati Safaruddin.

Senada dengan Bupati Safaruddin, Ketua PDGI Lima Puluh Kota-Payakumbuh, Sulistyowati menyampaikan, sebagai tindak lanjut Munas PDGI ke-27 di Balik Papan, dan muswil di tingkat Sumatra Barat Juni lalu, PDGI Liko-Pyk juga turut melakukan muscab dengan agenda evaluasi kinerja pengurus sebelumnya, serta menentukan pengurus cabang baru periode 2017-2022.

Untuk itu, Setyowati mengajak anggota PDGI untuk aktif berpartisipasi dalam musyawarah tersebut demi kemajuan organisasi yang bermuara pada upaya mendukung program pemerintah daerah.

“Di samping muscab, lami juga menyelenggarakan seminar dengan tema meningkatkan pengetahuan dokter gigi di zaman digital saat ini, demi peningkatan pelayanan bagi masyarakat,” ucap Setyowati. (*)

Exit mobile version