Masyarakat Kota Padang Bakal Terima BPNT Triwulan Ketiga

Kepala Dinas Sosial Kota Padang, Ances Kurniawan

Kepala Dinas Sosial Kota Padang, Ances Kurniawan

HARIANHALUAN.ID – Masyarakat Kota Padang yang telah tercantum di dalam daftar penerima manfaat Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), akan segera menerima pembayaran bantuan triwulan ketiga dalam waktu dekat. 

Kepala Dinas Sosial Kota Padang, Ances Kurniawan mengatakan, pihaknya telah mendapatkan sinyal dari PT Pos Indonesia selaku pihak penyalur bantuan, yang telah ditunjuk oleh Kementerian Sosial untuk menyalurkan dana bantuan tersebut.

“Benar, pada Jumat kemarin PT Pos Indonesia sudah bersurat kepada Dinas Sosial bahwa akan ada penyaluran BPNT triwulan ketiga. Namun waktunya belum dipastikan,” ujarnya, Senin (29/8/2022).

Ances menyampaikan, sejauh ini pihaknya masih menunggu jadwal penyaluran BPNT kepada para penerima manfaat dari PT Pos Indonesia. Disebutkannya, jika jadwal penyaluran sudah ditentukan, maka pihaknya juga akan segera menggelar rapat teknis penyaluran bersama pihak terkait.

“Untuk penyalurannya mudah-mudahan bisa segera dilakukan setelah jadwal dan teknis penyalurannya kita bahas dengan PT Pos Indonesia. Kemungkinan teknis penyalurannya akan sama dengan pencairan BPNT pada triwulan pertama dan kedua dulu,” ucapnya.

Lebih jauh Ances mengatakan, dalam pencairan dana BPNT kali ini, masing-masing penerima yang telah terdaftar di dalam Database penerima, akan menerima bantuan dalam bentuk sembako dan minyak goreng.

Dijelaskannya, para penerima BPNT pada dasarnya adalah masyarakat yang sebelumnya juga telah terdaftar ke dalam database Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kota Padang.

Sedangkan proses penyaluran bantuan tersebut, kata Ances, akan dilaksanakan di sejumlah kantor pos, kantor lurah maupun kantor camat yang akan ditunjuk dalam rapat teknis penyaluran nanti.

“Untuk teknis pencairan kemungkinan akan sama halnya dengan teknis yang berlaku pada saat pencairan BPNT triwulan satu dan dua. Pencairan melalui PT Pos, kecuali bantuan yang disalurkan oleh Bank Himbara yang akan langsung masuk ke rekening penerima manfaat,” tuturnya. (*)

Exit mobile version