Sebanyak Delapan KK Korban Banjir Air Napal Terima Bantuan Bedah Rumah 

Banjir

Bupati Pasbar, Hamsuardi didampingi Ketua Baznas Pasbar, Muhajir Effendi bersama jajaran menyerahkan bantuan bedah rumah untuk korban gempa di Air Napal Ranah Batahan. Osniwati

HARIANHALUAN.ID – Pada Desember tahun lalu banjir melanda Jorong Napal, Nagari Persiapan Batahan Barat, Kabupaten Pasaman Barat, dan puluhan rumah masyarakat rusak berat.

Setelah dilakukan kros cek oleh Bupati Pasbar, Hamsuardi dan Baznas setempat, maka sebanyak delapan orang akan dilakukan bedah rumah.

Penyerahan bantuan bedah rumah dilakukan, Kamis (1/9/2022) di Nagari Persiapan Batahan Barat oleh Bupati Hamsuardi didampingi Kepala Baznas Muhajir Effendi dan stakeholder terkait lainnya.

Menurut Bupati Hamsuardi bantuan bedah rumah tersebut dilakukan setelah ia bersama jajaran melihat kondisi rumah masyarakat yang porak poranda akibat banjir yang parah. Banjir pada waktu itu menelan kerugian masyarakat cukup banyak, baik kerugian materil maupun moril, jembatan dan jalan juga rusak.

“Alhamdulillah, kita telah menyerahkan kepada delapan penerimaan bantuan bedah rumah yang terdampak banjir waktu itu yang cukup parah. Sebenarnya sudah lama kita rencanakan, ternyata Allah baru izinkan kita bertemu pada hari ini,” kata Hamsuardi.

Ia menambahkan, kepada korban banjir ini bantuan bedah rumah diserahkan berupa uang. Uang tersebut akan dibelikan bahan bangunan. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada ASN Pasbar dan orang yang kelebihan riskinya untuk berzakat di Baznas. “Semoga Allah balas kebaikan dari yang berzakat,” katanya.

Sementara itu, Ketua Baznas Pasbar, Muhajir Effendi menjelaskan, jika salah satu program Baznas untuk rumah tidak layak huni adalah bedah rumah. Untuk kali ini, bentuk bedah rumah diserahkan berupa uang ke toko bangunan dan penerima tinggal mengambil bahan-bahan bangunan.

“Informasinya ada juga bantuan dari kecamatan, diharapkan itu bisa digunakan oleh mereka untuk upah tukang,” katanya. (*)

Exit mobile version