RSUD Lubuk Basung Kabupaten Agam Berikan Pelayanan Memudahkan Pasien Mendaftar

RSUD Lubuk Basung

Tempat registrasi pendaftaran pasien untuk berobat di RSUD Lubuk Basung. IST

HARIANHALUAN.ID – Pasien Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lubuk Basung, Kabupaten Agam, kini tidak perlu lagi antre berdesakan untuk mendaftar berobat.

Pasalnya, sejak Rabu (31/8/2022) para pasien sudah bisa mendaftar berobat melalui WhatsApp di nomor 0811-666-4050.

Direktur RSUD Lubuk Basung, Riko Krisman didampingi Kabid Promosi Publikasi Litbang, Rozi Anggraini menyebutkan, pihaknya terus membuat inovasi yang memudahkan pelayanan di RSUD Lubuk Basung.

“Seperti sekarang, kami menfasilitasi pelayanan pendaftaran berobat pasien bisa melalui WhatsApp. Ini agar lebih mudah diakses oleh masyarakat,” ucapnya pada Kamis (1/9/2022).

Lanjut Riko, selain mudah diakses masyarakat, pendaftaran melalui WhatsApp ini juga banyak keuntungan, seperti bebas antrean, cepat, efisian dan juga mengurai kerumunan.

Sistem pelayanan online semacam ini, sambungnya, sudah ada sejak 2021. Namun baru hanya memanfaatkan situs web pendaftaran online yang menurutnya tidak semua masyarakat bisa mengakses situs tersebut.

“Pembaharuannya sekarang adalah ditambah dengan WhatsApp dan ke depan pasien juga bisa mendaftar dengan Mobile JKN dan Mobile Pasien,” katanya.

Riko mengatakan, pendaftaran pasien berobat di RSUD Lubuk Basung hanya dapat dilakukan satu hari menjelang berobat, mulai dari pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB. Setelah mendaftar dan diproses admin, pasien akan diberikan nomor antrean.

“Bagi pendaftarannya yang sudah diproses langsung mendapat nomor antrean. Kemudian dibawa untuk registrasi di loket 2 bagi pasien BPJS dan loket 8 bagi pasien umum,” ujarnya.

Dikatakan Riko, cara mendaftarnya juga cukup mudah. Untuk pasien lama bisa mengirim WhatsApp dengan mengisi format diantaranya nomor rekam medis, identitas diri, poliklinik yang dituju, tanggal berobat, cara pembayaran dan nomor BPJS.

Sedangkan format untuk pasien baru, di antaranya identitas diri sesuai KTP, seperti nama, tempat tanggal lahir dan alamat, lalu nama ibu kandung, cara pembayaran, poliklinik yang ingin dituju, tanggal berobat dan nomor BPJS bagi peserta BPJS.

“Jika ada pembatalan segera melakukan konfirmasi ke nomor layanan RSUD Lubuk Basung,” katanya.

Kata Riko, meski pendaftaran melalui WhatsApp sudah diberlakukan, pihaknya juga tidak lantas menutup pelayanan secara manual. Hal ini untuk mengakomodir masyarakat yang sama sekali tidak bisa mengakses jejaring sosial.

“Pendaftaran secara manual tetap dibuka, karena kami menyadari tidak semua masyarakat punya android,” ucapnya.

Riko mengungkapkan, pendaftaran melalui WhatsApp ini proses pendaftaran sudah lebih cepat, karena otomatis pasien sampai ke ruang poliklinik juga lebih cepat. Sembari menunggu dokter, para pasien juga akan disuguhkan informasi tentang kesehatan oleh narasumber berkompeten.

“Hanya saja untuk sementara pelayanan informasi kesehatan ini baru bisa kami berikan pada Senin dan Kamis saja,” tuturnya. (*)

Exit mobile version