Aneh! Pisang Berbuah Seribu dalam Satu Tandan di Nagari Koto Salak

Pisang berbuah

Deni pemilik tandan pisang terpanjang di Dharmasraya yang tumbuh di belakang rumahnya di Ampalu Koto Salak. Maryadi

HARIANHALUAN.ID – Kalau pisang berbuah itu adalah hal biasa, tapi kalau buahnya mencapai seribu dalam satu tandan itu luar biasa. Itulah pisang milik Deni (30), warga Ampalu, Nagari Koto Salak, Kabupaten Dharmasraya.

Pisang manis yang tumbuh di belakang rumahnya itu berbuah seperti pisang biasa, namun yang tidak biasa tandan pisang itu terus mengeluarkan buah sampai panjang hampir dua meter.

“Saya ndak bisa hitung berapa jumlah sisir pisang itu dalam satu tandan,” ucap Deni kepada Harianhaluan.id, Kamis (8/9/2022).

Ia menjelaskan, kalau butir pisang itu mencapai seribu buah, panjang tandanya mencapai dua meter, namun pisang itu belum bisa ia panen karena belum tua atau matang.

Awalnya, ia tidak begitu heran tandan pisang itu mulai panjang seperti biasanya pisang berbuah, namun ia mulai heran panjang pisang itu sudah lebih dari satu meter, kemudian terus panjang sampai dua meter lebih. “Pohon pisang yang sama tidak seperti itu buahnya,” katanya.

Meski ia punya kedai sayur dan kelontong, tapi rencananya pisang itu dibagi-bagi saja.”Saya bagi-bagi saja besok pak kalau sudah matang, saya antar ke rumah bapak besok,” ucapnya.

Ia berharap pisang aneh ini membawa berkah, yang jelas bisa dimakan sama-sama dengan konsumen yang belanja tempatnya. (*)

Exit mobile version