Rawan Gangguan saat Cuaca Ekstrem, GM PLN Sumbar Monitoring Langsung Jaringan Listrik Bersih dari Pohon

Kawal Keandalan di Cuaca Ekstrem, PLN Tinjau Aset Pasia Nan Tigo

HARIANHALUAN.id – Pastikan keandalan kelistrikan di tengah cuaca yang cenderung ekstrem belakangan ini, PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumbar menggelar walk down Care for Asset (C4A) di kawasan pantai Pasia Nan Tigo Padang dan sekitarnya, Kamis (08/09/22).

General Manager PLN UIW Sumbar Toni Wahyu Wibowo memimpin langsung C4A kamis siang itu. Toni didampingi oleh Senior Manager Keuangan, Komunikasi dan Umum PLN UIW Sumbar Cipto Adi Sumartono, Manager PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Tabing Harmen Joni, serta tim ROW PLN ULP Tabing.

C4A diawali di sekitar PT Treckschoor yang berlokasi di kawasan industri by pass Kota Padang. Pada lokasi ini rombongan C4A melihat perbaikan JTM Feeder Pasia Nan Tigo. Selanjutnya rombongan berlanjut mengecek perbaikan konstruksi dan penggantian tiang portal out going GI PIP.

Selanjutnya di sekitaran Pantai Pasir Jambak, Toni dan rombongan menemukan beberapa pohon yang telah melewai batas aman dari jaringan PLN. Tim ROW PLN ULP Tabing gerak cepat melakukan eksekusi pemangkasan pohon (rampal) langsung di lokasi tersebut. Toni dan rombongan pun meninjau penggantian kawat A3CS di 4 tiang sekitar lokasi rampal.

Dijelaskan Toni, kawat A3CS merupakan produk pada jaringan PLN yang dapat melindungi jaringan dari patahan pohon lindung.

Toni menuturkan, C4A merupakan agenda penting yang dilakukan PLN secara rutin. ‘’Selain untuk mengenali lebih dekat aset PLN, menjaga dan mengawasi keberlangsungannya, C4A juga merupakan bagian dari pelayanan prima PLN kepada pelanggan. Karena aset yang terpelihara tentu akan berdampak pada kualitas kelistrikan yang baik kepada pelanggan,’’ tuturnya.

Selain itu, lanjut Toni, saat ini cuaca cenderung ekstrem, khususnya di Sumbar. Maka PLN perlu bergerak lebih ekstra melakukan upaya-upaya preventif, mencegah gangguan kelistrikan yang tidak diinginkan, yang bisa muncul akibat dari cuaca ekstrem.

‘’Sebagai provinsi dengan kawasan alam yang sangat variatif, kontur tanah yang beragam, banyaknya perbukitan, laut, dan gunung, cuaca ekstrem adalah tantangan untuk jaringan-jaringan PLN. PLN Sumbar harus siap bergerak cepat dan ekstra,’’ lanjutnya.

C4A merupakan bentuk perhatian PLN terhadap aset-aset jaringannya yang umpama harta bagi jalannya proses bisnins perusahaan ini. Pada setiap kegiatan C4A, manajemen maupun pegawai PLN memeriksa distribusi penyulang, seperti Gardu Hubung (GH), seluruh section penyulang, recloser, dan lain sebagainya.

Setelah melakukan penelusuran ke lapangan, poin penting yang menjadi temuan akan dieksekusi langsung untuk perbaikan atau menjadi catatan unit untuk ditindaklanjuti sesegera mungkin.

Toni juga menyebutkan, Tim ROW PLN berperan penting untuk meminimalisir gangguan pada jaringan. ‘

“’Tim ROW harus rutin dan berkerja cepat dalam melakukan pemangkasan pohon yang mengenai jaringan listrik PLN. Penting pula untuk mengedukasi masyarakat terkait bahaya beraktivitas di sekitar jaringan listrik,’’ ungkapnya.

Toni berharap, kegiatan C4A dapat menjadi budaya baik seluruh pegawai PLN UIW Sumbar, guna mengawal keandalan kelistrikan di Sumbar demi kualitas kelistrikan terbaik bagi pelanggan. (*)

Exit mobile version