Walikota Padang Hendri Septa: Ternyata Bayar Listrik Sangat Mudah di Aplikasi PLN Mobile

HARIANHALUAN.id – Walikota Padang Hendri Septa, menghimbau warga agar melakukan pembayaran listrik tepat waktu guna mendukung pembangunan Kota Padang, Sumatera Barat.

Dukungan Walikota tersebut terlihat melalui baliho-baliho yang terpasang di sudut-sudut Kota Padang untuk mengingatkan pelanggan terhadap pentingnya membayar listrik tepat waktu.

“Dengan membayar listrik tepat waktu, artinya masyarakat juga secara tidak langsung membantu percepatan pengumpulan Pajak Penerangan Jalan (PPJ) yang sepenuhnya akan diberikan oleh pihak PLN ke pendapatan kota setempat, yang nantinya akan digunakan untuk pembangunan kota Padang,” ungkap Hendri.

PPJ adalah pendapatan asli daerah yang menjadi amanat undang-undang, yaitu Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah. UU tersebut menjelaskan bahwa PLN bertindak sebagai pihak yang membantu pemungutan PPJ karena PLN merupakan penyedia tenaga listrik yang dikenakan pajak atas penggunaan oleh pelanggan.

Hendri Septa juga menyampaikan agar masyarakat menggunakan aplikasi PLN Mobile yang disediakan PLN dengan banyak kemudahan , termasuk fitur pembayaran rekening listrik . Sehingga tidak ada lagi untuk terlambat membayar listrik karena kendala waktu dan loket pembayaran.

General Manager PLN UIW Sumbar, Toni Wahyu Wibowo menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas dukungan dari Pemerintah Kota Padang terhadap kewajiban bayar listrik tepat waktu.

“Kami sangat bersyukur atas dukungan luar biasa dari Pemko Padang. Harapan dan apresiasi yang sama kami sampaikan untuk kabupten dan kota lainnya di Sumatera Barat . Kami ingin masyarakat juga memahami bahwa listrik yang dibayarkan setiap bulan, 10%-didalamnya adalah PPJ. Pajak tersebut dikumpulkan oleh PLN melalui tagihan rekening listrik masing-masing pelanggan”, imbuh Toni

Pembayaran listrik tepat waktu mulai dari awal bulan hingga tanggal 20 setiap bulannya merupakan bentuk dukungan pelanggan terhadap upaya PLN untuk terus meningkatkan pelayanan.

PLN juga terus berupaya untuk mengedukasi masyarakat untuk membayar listrik tepat waktu sebagai bentuk dukungan untuk pembangunan.

‘’Semoga sosialisasi melalui baliho, flyer ataupun sosialisasi langsung dapat menambah wawasan bagi masyarakat yang belum tahu. Sehingga berdampak pada masyarakat agar selalu membayar listrik tepat waktu yaitu sebelum tanggal 20 setiap bulan,”tambah Toni.

Saat ini PLN menyediakan berbagai kemudahan dalam hal pembayaran rekening listrik diantaranya melalui Aplikasi PLN Mobile, atau melalui Bank, baik lewat internet banking maupun SMS banking. Pembayaran juga bisa melalui marketplace, Kantor Pos maupun gerai minimarket. Semua kemudahan diatas merupakan komitmen PLN dalam upaya memberikan kemudahan dan layanan terbaik kepada pelanggan. (*)

Exit mobile version