Lima Puluh Kota Dapat Alokasi 904 CASN PPPK Pada 2022

Bupati Safaruddin Dt Bandaro Rajo. IST

Bupati Safaruddin Dt Bandaro Rajo

HARIANHALUAN.ID – Kabupaten Lima Puluh Kota mendapatkan alokasi sebanyak 904 Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) pada 2022.

Kuota sebanyak 904 CASN PPPK itu, akan diarahkan untuk penerimaan  dengan formasi tenaga guru, kesehatan dan teknis.

“Upaya pemerintah daerah untuk memperhatikan masa depan tenaga honorer terjawab, kita berterima kasih kepada pemerintah, tahun ini daerah kita memperoleh formasi PPPK sebanyak 904 orang, terdiri atas tenaga guru, kesehatan dan teknis,” kata Bupati Lima Puluh Kota, Safaruddin Dt Bandaro Rajo, Rabu (14/9/2022).

Kepastian formasi CSAN PPPK 2022 diperoleh setelah Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Abdullah  Azwar Anas menyerahkan secara simbolis Surat Keputusan Penetapan Formasi CASN 2022 kepada gubernur dan bupati atau wali kota se-Indonesia pada Rapat Koordinasi Persiapan Pengadaan ASN Tahun 2022 di Jakarta, Selasa (13/9/2022).

Lebih lanjut Safaruddin mengatakan, jumlah formasi masih dinamis bisa saja mengalami perubahan seiring waktu, namun yang mendapatkan porsi terbanyak tenaga guru. Untuk itu, dia berharap dengan perubahan status pegawai honorer menjadi ASN PPPK, khususnya tenaga guru dan tenaga kesehatan yang berimbas pada peningkatan pelayanan dasar di daerah tersebut.

“Kita bersyukur dengan peluang ini, pengabdian tenaga honorer yang sudah bertahun-tahun bahkan puluhan tahun, akhirnya terakomodir dengan proses pengadaan PPPK kali ini. Uuntuk itu, kita minta tenaga honorer mempersiapkan diri,” ujarnya.

Sementara itu, Plt Kepala BKPSDM Kabupaten Lima Puluh Kota, A. Zuhdi Perama Putra mengatakan, pihaknya diinstruksikan untuk mempelajari dan mempersiapkan secara seksama proses pengadaan CASN Formasi 2022.

“Setelah petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis Kemenpan-RB kita terima, dengan arahan bupati sesegeranya kita akan lakukan langkah-langkah persiapan,” ujarnya.

Zuhdi Perama juga menyampaikan bahwa Menpan-RB Azwar Anas mengatakan pemerintah melalui Kemenpan RB telah menetapkan sebanyak 530.028 kebutuhan Aparatur Sipil Negara (ASN) nasional Tahun 2022 (data per 6 September 2022).

Jumlah tersebut merupakan total dari penetapan kebutuhan untuk instansi pusat sebanyak 90.690 dan instansi daerah sebanyak 439.338. Kebutuhan daerah terinci sebanyak 319.716 PPPK guru, 92.014 PPPK tenaga kesehatan dan 27.608 PPPK tenaga teknis. (*)

Exit mobile version