Anggota DPR Ri Ade Rizki Pratama Bersama Kemenkes Sosialisasi Kesehatan Haji dan Vaksinasi Covid-19

DPR RI

Anggota DPR RI, Ade Rizki Pratama menyampaikan arahan saat sosialisasi kesehatan jemaah haji di Kota Pariaman, Kamis (15/9/2022). Yuhendra

HARIANHALUAN.ID – Anggota DPR RI, Ade Rizki Pratama bersama dengan Kementerian Kesehatan melakukan sosialisasi kesehatan haji dan vaksinasi Covid-19 kepada calon jemaah haji di Kota Pariaman. Para calon jemaah haji diminta untuk terus menjaga kesehatan mereka.

“Saat melakukan ibadah haji nanti, para jemaah akan berjalan kaki dari penginapan ke masjid. Untuk itu, perlu menjaga kesehatan mulai dari sekarang,” kata Ade Rizki di Pariaman, Kamis (15/9/2022).

Ia mengatakan, berdasarkan evaluasi memang haji tahun lalu ada pengurangan kouta yang diberikan oleh Pemerintah Kerajaan Arab Saudi kepada Indonesia disebabkan Covid-19.

“Selain dari antrean yang panjang juga ada pembatasan. Oleh sebab itu, di Pariaman saja hanya 54 orang yang bisa diberangkatkan dimana sebelum Covid-19 jumlahnya mencapai 150 orang,” katanya.

Kondisi ini tentu akan menambah panjang daftar antrean untuk keberangkatan haji di Indonesia. Untuk itu, ia berharap pada tahun depan tidak ada lagi pembatasan usia yang diberikan oleh Pemerintah Arab Saudi.

“Saat ini yang atrean sekarang banyak umurnya sudah melebihi 60 tahun, dengan ada pembatasan ini tentu akan mempupuskan keinginan dari orang tua kita ini untuk datang ke tanah suci,” katanya.

Untuk itu, sambil menunggu informasi update dan perkembangan yang dinamis terkait dengan tahun akan datang terkait dengan pengelolaan haji ke depan, tentu perlu juga persiapkan bagaimana kesehatan haji Indonesia ini khususnya para lansia di tengah Covid-19 yang masih belum selesai ini.

“Bagaimana nanti ada calon jemaah haji kita yang mungkin sedang menderita daripada penyakit penyakit bawaan harus dilakukan monitoring secara bersama-sama,” katanya.

Jangan sampai nanti sudah sampai di tanah suci, akan tetapi tidak bisa melakukan ibadah haji dengan baik karena kondisi mereka yang sedang sakit.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Pariaman, Nazifah menyatakan, pihaknya selalu melakukan pendampingan kesehatan terhadap calon jemaah haji yang ada di Kota Pariaman ini.

“Kami selalu melakukan pemantauan terhadap jemaah kita yang akan berangkat itu, dari setiap kegiatan yang dilaksanakan sebelum keberangkatan untuk mamastikan kesehatan mereka,” ujarnya. (*)

Exit mobile version