World Cleanup Day, PT Pegadaian Gelar Green Life Action Movement

HARIANHALUAN.ID – PT Pegadaian Kantor Area Padang melakukan Green Life Action Movement (GLAM) dengan mengumpulkan sampah pilah anorganik, seperti sampah plastik dan kardus di Bank Sampah Pancadaya Kantor Camat Kuranji, Kota Padang, Sabtu (17/9/2022).

Selanjutnya sampah yang telah dipilah ini akan dibawa ke Bank Sampah Binaan ataupun Non Binaan PT Pegadaian.

Kegiatan aksi hijau yang dilakukan bertepatan dengan World Cleanup Day ini dihadiri masyarakat dan karyawan PT Pegadaian Area Padang.

Pimpinan Kantor Wilayah II Pegadaian Pekanbaru, Maryono mengatakan, kegiatan ini merupakan aksi nyata bakti PT Pegadaian sebagai BUMN.

“Ini adalah bentuk nyata dan support dari PT Pegadaian dalam program aksi bersih-bersih khususnya Indonesia. Secara khusus dipadukan dengan kegiatan CSR, kegiatan di Bank Sampah ini tidak hanya kegiatan Memilah Sampah Menabung Emas (MSME) saja dilakukan, tetapi sudah banyak program yang dijalankan,” ujarnya.

Selain itu, Maryono menyebut, masyarakat sudah banyak tau program dan produk pegadaian.

“Seperti tadi saat dialog, sudah banyak transaksi yang dilakukan anggota yang tergabung dalam Bank Sampah Binaan PT Pegadaian,” ujarnya. 

Ia menambahkan, permasalahan sampah memang menjadi sorotan dunia. Tercatat Indonesia, menghasilkan 64 juta ton sampah setiap tahun dengan 6,8 juta ton di antaranya adalah sampah plastik yang mencemari lingkungan.

“Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat menambah pengetahuan masyarakat tentang pengelolaan sampah secara berkelanjutan, serta meningkatkan kesadaran mewujudkan kelestarian lingkungan,” ucapnya.

Pada kesempatan itu, PT Pegadaian Area Padang menyerahkan sampah pilah anorganik sebanyak 240 kilo kepada pengurus Bank Sampah Pancadaya sekaligus melakukan sosialisasi edukasi kepada masyarakat tentang GLAM dan Program MengEMASkan Sampah untuk Indonesia. 

Pada kesempatan yang berbeda juga dilaksanakan kegiatan serupa di tiga titik. Yakni Pegadaian Area Batam di Bank Sampah Allium Batu Aji serta PT Pegadaian Area Pekanbaru di Bank Sampah Mutiara Kecamatan Tampan dan Bank Sampah Hijau Lestari Kecamatan Bukit Raya, yang diinisiasi langsung oleh PT Pegadaian Wilayah II Pekanbaru. (*)

Exit mobile version