Kasus Campak dan MR, Capaian Vaksinasi di Kota Sawahlunto Terendah

Vaksinasi campak

HARIANHALUAN.ID – Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DinkesdukKB) Kota Sawahlunto mencatat lima kasus campak pada Juni lalu dan satu kasus Measles Rubella (MR) pada September.

Menurut informasi menyebutkan, lima kasus tersebut menerpa Desa Silungkang Tigo, Kecamatan Silungkang, sementara satu kasus rubella di Kecamatan Barangin.

Kepala DinkesdukKB, Yasril mengungkapkan bahwa meski ada kasus namun Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar tidak merekomendasikan Kejadian Luar Biasa (KLB) di Sawahlunto.

“Datanya sudah dikirim ke provinsi (Dinas Kesehatan,red). Namun rilis menyatakan Sawahlunto tidak masuk KLB. Hal tersebut mungkin karena rentang waktu antar kasus cukup jauh,” ujarnya.

Sementara capaian vaksin Kota Sawahlunto memang rendah, tetapi hal tersebut terjadi di seluruh wilayah Sumatra Barat. “Karena masih ada pro kontra halal haram vaksin measles rubella (MR,red) ini. Padahal secara hukum, vaksin MR diperolehkan untuk mengurangi risiko terkena virus,” katanya.

Dia menambahkan, imunisasi tersebut adalah hak anak yang harus diberikan agar anak terhindar penyakit berbahaya yang diakibatkan oleh virus itu. Seperti kebutaan, down syndrome bahkan kematian. Dia menilai imunisasi tersebut juga bisa meningkatkan kecerdasan anak.

Dia juga meminta dukungan dari lintas sektor agar capaian vaksin tercapai. “Meski Sawahlunto belum terjadi KLB, namun sudah tercatat satu dua kasus. Karena itu, perlu kebulatan suara untuk mendukung tercapainya vaksinasi ini,” ucapnya.

Kepala Bidang Kesmas dan P2P Salma Lira menjelaskan, kasus rubella yang terkonfirmasi tanggal 14 September 2022 sudah sembuh.

Dia menambahkan, capaian Oral Polio Vaksin (OPV) Kota Sawahlunto sampai tanggal 19 September terendah dibanding daerah lain dengan 0,5 persen. Sementara capaian Injection Polio Vaksin (IPV) Kota Sawahlunto masuk daftar besar terendah dengan 0,9 persen.

“Capaian vaksin rubella Kota Sawahlunto termasuk tertinggi di Sumbar. Per 19 September 2022 sudah mencapai 59,3 persen. Sawahlunto ada diposisi keempat setelah Pesisir Selatan, Mentawai dan Dharmasraya,” ucapnya. (*)

Exit mobile version