Sukseskan Pendataan Regsosek 2022, BPS Solok Selatan Bangun Sinergitas Bersama Pemerintah Kabupaten

BPS Solsel

Penyerahan plakat komitmen bersama setelah pelaksanaan rakor pendataan awal Regsosek 2022 di Hotel Pesona Alam Sangir, Solok Selatan, Jumat (30/9/2022). Kiki Nofrijum

HARIANHALUAN.ID – Menyukseskan penyelenggaraan pendataan Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) 2022 di Kabupaten Solok Selatan, Badan Pusat Statistik (BPS) Solok Selatan menyelenggarakan rapat koordinasi mencatat untuk membangun negeri satu data program perlindungan sosial dan pemberdayaan masyarakat di Hotel Pesona Alam Sangir, Solok Selatan, Jumat (30/9/2022).

Kepala BPS Solok Selatan, Abdul Razi menjelaskan, penyelenggaraan rakor pendataan awal regsosek ini adalah sebagai bentuk upaya memperkokoh kolaborasi dan koordinasi BPS Solok Selatan dengan Pemerintah Kabupaten Solok Selatan dalam menyukseskan pendataan sosial ekonomi menuju satu data di Kabupaten Solok Selatan.

“Untuk menyukseskan pelaksanaan regsosek pada pendataan awal ini, makanya terlebih dahulu kita melakukan rapat koordinasi bersama Pemkab Solok Selatan untuk memperkuat koordinasi dan komitmen kita demi menyukseskan pelaksanaan ini nantinya. Dan ini tentu butuh dorongan dan kolaborasi dari Pemda sendiri,” katanya.

Adapun terkait Regsosek 2022 di Kabupaten Solok Selatan ini, lanjut Abdul Razi, merupakan pelaksanaan kegiatan nasional dalam menangkap realitas sosial yang ada di masing-masing daerah melalui upaya pendataan.

Oleh sebab itu, dalam penyelenggaraan rakor tersebut masing-masing nagari dilibatkan sebagai penyedia dan pelaksana pemuatan data di setiap nagarinya, demi mendapatkan satu data yang benar dan akurat.

“Pentingnya peran nagari agar kedepannya pelaksanaan data dapat berjalan dengan tertib dan lancar, guna melindungi program kegiatan sosial yang tepat sasaran bagi penyelenggara pemerintahan. Maka dari itu, kita membutuhkan sinergitas dan komitmen untuk sama-sama menyukseskan pendataan ini demi keberlangsungan pembangunan daerah bagi Kabupaten Solok Selatan kedepannya,” ujarnya mengharapkan.

Lebih lanjut Bupati Solok Selatan, Khairunas juga menyampaikan bahwa pentingnya data sebagai indikator penentu perkembangan jalannya pemerintahan. Seperti halnya dalam suatu capaian indikator sosial melalui data, bahwa Pemkab Solok Selatan dalam upaya mewujudkan pembangunan yang lebih baik berhasil melakukan peningkatan-peningkatan yang baik terhadap pembangunan, seperti pertumbuhan ekonomi yang tumbuh positif sekitar 3 persen, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang meningkat menjadi 0,19 poin dan tingkat pengangguran yang mengalami penurunan.

“Kita memang harus berkomitmen untuk bersama-sama menyukseskan Regsosek 2022, karena ini merupakan hal yang mendesak bagi kita untuk memiliki data sosial. Apalagi data-data ini akan penting bagi kita untuk menjadi pedoman dalam melaksanakan pembangunan daerah yang lebih baik. Tentunya ini akan menjadi kebutuhan kita bersama,” katanya.

Khairunas menjelaskan, untuk mewujudkan satu data Kabupaten Solok Selatan, lembaga harus bekerja sama dan saling membagi kebutuhan melalui pelaksanaan Regsosek 2022. Kedepannya, Pemkab Solok Selatan juga meminta pendataan lainnya juga harus terhubung dengan data lainnya, seperti ketenagakerjaan, dunia usaha, UMKM dan data-data lainnya.

“Saya juga meminta kepada masing-masing OPD untuk mendukung pelaksanaan ini demi mewujudkan data sosial ekonomi Kabupaten Solok Selatan yang berkualitas, baik dari tingkat bawah dari nagari sekalipun. Berikan jawaban-jawaban yang jujur, karena semua jawaban kita akan menjadi landasan terhadap pembangunan daerah kita kedepannya. Kalau bisa setelah ini kami dari Pemkab Solok Selatan juga meminta untuk diberikan juga penyuluhan ataupun sosialisasi terkait indikator-indikator pendataan, seperti data kemiskinan, tenaga kerja dan yang lainnya agar memaksimalkan pelaksanaan Regsosek 2022 ini nantinya,” ujarnya mengharapkan. (*)

Exit mobile version