Lomba Masak Serba Ikan, Forikan Bukittinggi Juara I Tingkat Provinsi Sumbar

Forikan Bukittinggi

Penyerahan piagam penghargaan kepada tim Forikan Kota Bukittinggi yang berhasil meraih juara pertama. IST

HARIANHALUAN.ID – Forum Peningkatan Kosumsi Ikan (Forikan) Kota Bukittinggi berhasil meraih juara 1 dalam lomba masak serba ikan tingkat Provinsi Sumbar Tahun 2022.

Ketua Forikan Bukittinggi, Fiona Erman Safar mengatakan, lomba masak serba ikan yang dilaksanakan di halaman Kantor Gubernur Sumbar pada 27 September 2022, Forikan Bukittinggi keluar sebagai  juara 1 untuk semua kategori jenis lomba.

Kategori yang diraih itu, di antaranya juara 1 menu keluarga TP PKK, juara 1 menu kudapan TP PKK, juara 1 menu balita TP PKK, juara 1 menu keluarga lomba inovasi makanan berbahan baku ikan dari umum, dan juara 1 menu kudapan lomba inovasi makanan berbahan baku ikan dari umum.

Hasil yang dicapai itu, kata Fiona, membuktikan bahwa Forikan Bukittinggi cukup inovatif dalam menciptakan menu masak ikan. Ini merupakan prestasi yang cukup membanggakan, karena forikan mampu membawa Bukittinggi keluar sebagai juara umum dalam lomba masak serba ikan ditingkat provinsi. 

“Kita ingin bagaimana masyarakat Bukittinggi lebih paham tentang manfaat konsumsi ikan, dan bagaimana kader forikan kita lebih gencar menyosialisasikan peningkatan konsumsi ikan yang telah diakui manfaatnya bagi kesehatan, serta kecerdasan oleh para ahli gizi,” ujar Fiona, Senin (3/10/2022).

Fiona juga menyampaikan, melalui Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan), diharapkan tumbuh kesadaran gizi individu maupun kolektif masyarakat untuk gemar mengonsumsi ikan yang aman, sehat dan halal dengan melibatkan seluruh elemen bangsa.

“Terima kasih pada tim Forikan Bukittinggi yang telah memberikan hasil terbaik untuk Kota Bukittinggi. Kita harus siapkan diri untuk lomba masak serba ikan tingkat nasional untuk kategori menu keluarga, menu kudapan dan menu Balita. Dengan hasil yang diraih ini Bukittinggi akan mewakili Sumatra Barat pada 2023 mendatang,” ucapnya.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Bukittinggi, Melwizardi menyampaikan apresiasi terhadap kinerja Forikan Bukittinggi yang telah berusaha maksimal dalam menciptakan kreativitas dalam lomba masak serba ikan tingkat provinsi Sumbar. Usaha yang dilakukan mendapat hasil yang maksimal.

“Alhamdulillah, kerja keras kita semua membuahkan hasil maksimal. Forikan Bukittinggi berhasil meraih hasil yang sangat luar biasa di bawah arahan Ketua Forikan Bukittinggi, Fiona Erman Safar. Semoga nantinya untuk lomba tingkat nasional, kita juga meraih hasil terbaik dan menjadi juara 1 di Indonesia,” tutur Melwizardi. (*)

Exit mobile version