Nyaris Dihantam Longsor, Rumah Muslim di Desa Batu Tanjung Dipasang Tembok Penahan

HARIANHALUAN.ID – Rumah Muslim di Dusun Tanjung Sago, Desa Batu Tanjung, Kecamatan Talawi, Kota Sawahlunto, terancam diterjang longsor.

Apalagi dalam beberapa waktu belakang curah hujan semakin meningkat di wilayah tersebut.

Menurut pantauan, tanah di tebing tersebut sudah mulai bergerak hingga mengenai rumah Muslim. “Untuk sementara sudah dipasang terpal, namun saya masih khawatir longsor susalan terjadi,” katanya.

Wali Kota Sawahlunto, Deri Asta mengatakan, rumah tersebut sudah sangat rawan longsor. “Kita lihat sudah mulai ada longsoran yang menimpa sebagian dinding rumah, tentu sangat mengancam keselamatan jika tidak ada tindakan pencegahan. Pemko memberikan bantuan untuk pembangunan dam (tembok penahan) tebing dalam upaya untuk mencegah longsor,” ujarnya.

Dia menambahkan, pemerintah melalui BPBD Sawahlunto menyalurkan dana senilai Rp10 juta untuk pembangunan dam. Dia berharap dana tersebut mampu mencegah longsor susulan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sawahlunto, Adriyusman mengatakan, nanti pihaknya akan menurunkan alat berat untuk membuang material.

“Kita kolaborasi juga bersama pemerintah desa dan warga setempat, jadi saling bergotong royong nanti,” kata Adriyusman. (*)

Exit mobile version