Pemkab Pasaman Barat Gelar Peningkatan Potensi LKKS

LKKS Pasbar

Anggota LKKS Pasbar foto bersama dengan Sub Koor PSPKMKAT Dinas Sosial Provinsi Sumbar, Muhammad Sampurno, Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial Regional 1 Sumbar, Syahlan dan stakeholder terkait lainnya. Osniwati

HARIANHALUAN.ID – Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial (LKKS) diharapkan dapat menciptakan koordinasi antara stakeholder dengan baik, sehingga keterampilan yang diberikan kepada masyarakat dapat terealisasikan dengan baik dan bermanfaat bagi masyarakat dalam hal membangun ekonomi untuk kesejahteraan masyarakat. 

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Sosial Hermanto dalam kegiatan peningkatan kapasitas Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS) dalam membangun kesejahteraan sosial sinergi dengan lembaga koordinasi kesejahteraan Kabupaten Pasaman Barat, yang diselenggarakan di aula kantor bupati, Selasa (11/10/2022). 

Sosialisasi itu menjadi ajang silaturahmi, sekaligus menyamakan persepsi dalam hal menjalankan program kerja khususnya dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Pasaman Barat. 

“Kita-kita inilah menjadi ujung tombak dalam melaksanakan program yang ada di LKKS kepada masyarakat di Pasaman Barat,” ucap Hermanto. 

Di samping itu, ia juga menjelaskan bahwa LKKS ini merupakan lembaga yang membantu pemerintah dalam melaksanakan kesejahteraan masyarakat, melalui bantuan-bantuan yang disalurkan guna dalam membantu masyarakat di seluruh wilayah di Pasaman Barat. 

“Apa yang kita rencanakan ataupun yang dicita-citakan tidak terlepas dari peran semua stakeholder, sehingga perlu sinergitas antar sesama,” katanya. 

Ia pun berharap dengan adanya pertemuan ini, maka kedepannya saling membantu  dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Pasaman Barat. Karena kondisi masyarakat saat ini menanggung beban berat dalam menghadapi keadaan inflasi dan juga pemda mengalami kesulitan dalam mengembangkan kestabilan ekonomi dengan kesejahteraan sosial masyarakat.

Sehingga persoalan tersebut tidak mungkin menjadi sepenuhnya tanggungjawab dari pemerintah, tetapi LKKS merasa ikut bertanggungjawab untuk mencari solusi persoalan tersebut. 

Ketua LKKS Pasbar, Titi Hamsuardi  menegaskan bahwa persoalan sosial tersebut seharusnya secara bersama-sama harus bahu-membahu dalam mengatasi setiap persoalan kesejahteraan sosial termasuk masyarakat dan terlibat langsung dalam mengatasi permasalahan  tersebut. 

“Kami berupaya menyusun program kerja yang menyentuh langsung tidak saja ke masyarakat selaku penerima pelayanan. Tetapi berusaha merangkul dan membangun sinergitas dengan sumber kesejahteraan sosial yang ada seperti lembaga Baznas, dunia usaha dan lainnya,” ujar Titi Hamsuardi. 

Titi Hamsuardi juga mengingatkan bahwa dalam peningkatan kapasitas potensi sumber kesejahteraan sosial. Terutama untuk masyarakat di Kabupaten Pasaman Barat, termasuk dalam salah satu program kerja LKKS guna meningkatkan SDM untuk membantu mewujudkan pembangunan nasional. 

Turut hadir, Sub Koor PSPKMKAT Dinas Sosial Provinsi Sumbar, Muhammad Sampurno, Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial Regional 1 Sumbar, Syahlan, Wakil Ketua LKKS Pasbar, Fitri Risnawanto, serta stakeholder terkait lainnya. (*)

Exit mobile version