5 Pemuda Terbaik Sumbar Terima Penghargaan Pemuda Berprestasi Bidang Iptek 2022

HARIANHALUAN.id – Lima pemuda terpilih sebagai Pemuda Berprestasi Bidang Iptek Sumatera Barat 2022. Mereka menerima penghargaan yang akan diberikan langsung oleh Gubernur Mahyeldi di sela-sela Peringatan Hari Sumpah Pemuda hari ini, Jumat 28 Oktober 2022 di halaman Kantor Gubernur Sumatera Barat.

Berdasarkan Surat Keputusan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumatera Barat Nomor: 427 / 1967 / KPTS-2022 tanggal 27 Oktober 2022, kelima pemuda yang meraih penghargaan bidang Iptek tersebut yakni, juara 1 diraih Aqil Rahman dari Kota Payakumbuh, juara 2 diraih Rahmad Hidayat dari Kota Padang dan juara 3 diraih Muhammad Arifin dari Kabupaten Agam.

Sementara dua pemuda lagi yaitu juara harapan 1 diraih Rahmat Fajri dari Kota Padang dan juara harapan 2 diraih Irvan Wariski juga dari Kota Padang.

Para pemuda tersebut meraih prestasi atas hasil karya inovatifnya bidang ilmu pengetahun dan teknologi, sehingga bermanfaat bagi masyarakat.

Rahmad Hidayat, peraih juara 2 Pemuda Berprestasi Bidang Iptek Sumbar 2022 mengatakan, hasil karyanya Ragadupa, yaitu Youtube Channel dengan Pemanfaatan teknologi dalam melestarikan kesenian tradisional Minangkabau.

Melalui channel youtubenya sejak 2019 itu, Rahmad Hidayat yang akrab disapa Uncu ini telah berkarya dan berbagi ilmu menginspirasi cara jitu melestarikan kesenian tradisional Minangkabau dengan memanfaatkan teknologi informasi media youtube. Saat ini keseluruhan video nya telah ditonton hingga 100 ribu penonton.

“Semoga dengan hadir nya ragadupa ini dapat menginspirasi pemuda pemuda lainnya, khususnya yang ada di Sumatera barat untuk terus berbuat dalam kebermanfaatan,” ujar putra bungsu Syofian Sori dan Djuliarti ini.

“Alhamdulillah, karya saya mendapat penghargaan dari Pemprov Sumbar. Saya tak menduga, namun tentunya saya berharap inovasi saya bisa menjadi inspirasi lagi bagi kemajuan teknologi kita bersama,” tambah Uncu Rahmad, Alumni Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang tersebut. (*)

Exit mobile version