Tiga Orang Positif DBD, 900 Unit Rumah di Perumahan Talago Permai di Fogging

Fogging

Saat petugas melakukan fogging di Perumahan Talago Permai, Kecamatan Lubuk Basung. IST

HARIANHALUAN.ID – Mengantisipasi penyebaran Demam Berdarah Dengue (DBD), Dinas Kesehatan Agam melakukan fogging atau pengasapan kepada 900 unit rumah di Perumahan Talago Permai, Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam, pada Sabtu (29/10/2022).

Kepala Seksi Pengendalian Pencegahan Penyakit Menular Dinas Kesehatan Agam, Ovri Aprianza menyebutkan, fogging melibatkan lima orang petugas dari Puskesmas Lubuk Basung dan Dinas Kesehatan Agam. 

“Sebanyak 900 unit rumah itu menggunakan dua unit mesin fogging dan kegiatan selama satu hari,” ucapnya pada Minggu (30/10/2022). 

Lanjut Ovri, fogging itu dilakukan setelah adanya tiga kasus positif DBD di daerah itu. Dari tiga kasus itu, dua pasien telah sembuh dan satu pasien masih dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lubuk Basung. 

“Dengan adanya tiga kasus itu, makanya kami mengerahkan petugas untuk survei jentik nyamuk aedes aegypti,” katanya. 

Ovri mengatakan, saat survei itu petugas menemukan banyak jentik nyamuk di lokasi dan dengan angka bebas jentik 20 persen dan untuk normal sebesar 95 persen. “Makanya kami melakukan koordinasi dengan Rukun Keluarga (RK) setempat untuk melakukan fogging,” ucapnya.

Namun masyarakat harus melakukan gotong royong sebelum fogging dilakukan, karena ini syaratnya. 

“Syarat fogging harus gotong royong, agar jentik dan sarang nyamuk akan hilang. Ini dalam memutus mata rantai dari nyamuk tersebut,” katanya. 

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Agam, Hendri Rusdian mengatakan, nyamuk ini hidup di dalam rumah, wajan yang ada air, bak penampungan dan lainnya. Untuk itu, ia mengimbau warga untuk selalu menjaga kebersihan di rumah dan menguras bak penampungan, menimbun kaleng bekas dan menutup air. 

“Ini salah satu langkah dalam membasmi perkembangan dari nyamuk tersebut,” katanya. (*)

Exit mobile version