Pemkab Tanah Datar dan DJPB Sumbar Jalin Kerja Sama Penguatan Pengelolaan Keuangan Publik

Pemkab Tanah Datar

Bupati Eka Putra menandatangani MOU antara Pemkab dengan DJPB di Indojalito Batusangkar. Rezky

HARIANHALUAN.ID – Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPB) Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) melakukan sinergi penguatan koordinasi penyelenggaraan, pelaksanaan kebijakan pengelolaan keuangan publik di Kabupaten Tanah Datar.

Penandatanganan tersebut dilakukan langsung oleh Bupati Tanah Datar, Eka Putra dengan Kakanwil DJPB Provinsi Sumbar, Heru Pudyo Nugroho, Kamis (10/11/2022) di Gedung Indojolito Batusangkar.

Kakanwil DJPB Heru Pudyo Nugroho menyampaikan apresiasi kepada Bupati Tanah Datar atas berbagai prestasi yang sudah ditorehkan, di antaranya adalah pencapaian opini WTP 10 kali berturut-turut dan juga keberhasilan dalam pengendalian inflasi daerah dan beberapa prestasi lainnya.

Selain itu, kata Heru, dalam hal pengelolaan fiskal terutama pengelolaan APBD dan juga dari APBN seperti transfer ke daerah Kabupaten Tanah Datar juga dinilai cukup bagus.

“Ini perlu kita apresiasi dan kemudian kita tindaklanjuti dengan melakukan MoU atau nota kesepakatan antara Kanwil PJPB Provinsi Sumatra Barat sebagai Wakil Menteri Keuangan di Sumatra Barat dengan Pak Bupati Tanah Datar,” ujar Heru.

Heru menyampaikan, dengan MoU itu tentunya nanti ada sinergi, terutama pertukaran data keuangan antara DJPB dengan APBD bisa lebih real time, lebih tempat waktu dan lebih handal.

Kemudian yang kedua, kata Heru, tentunya berbagai konsentrasi pengelolaan keuangan di daerah bisa di kerjasamakan, sehingga tugas DJPB sebagai pengawal APBN di daerah bisa lebih optimal dan apa yang menjadi program-program kerja utama dari kepala daerah bisa terlaksana dengan baik.

Selain itu, dari kerja sama ini juga banyak yang bisa disinergikan terutama dari sisi pengelolaan dana APBN yang melalui transfer ke daerah. Heru juga menyampaikan, terkait kemungkinan kerja sama ini untuk ditingkatkan lagi, terutama upaya untuk menghadirkan pembiayaan ultra mikro di Tanah Datar.

Sementara Bupati Tanah Datar, Eka Putra menyampaikan terima kasih kepada Kakanwil DJPB beserta jajarannya atas terlaksananya kerja sama ini.

Bupati menyebutkan, dari kerja sama ini Pemkab Tanah Datar nantinya juga bisa mendapatkan banyak bantuan dan saran terkait hal pengelolaan keuangan daerah secara baik.

“Tadi Pak Kakanwil bilang pengelolaan keuangan kita sudah baik, nah dengan adanya kerja sama ini tentu ke depan kita ingin lebih baik lagi. Dengan adanya pengolahan data, tentu pengelolaan keuangan pemda transparan dan selalu bisa dipantau oleh perwakilan Menteri Keuangan yang ada di Provinsi Sumatra Barat,” kata Eka Putra.

Lebih jauh dikatakan Eka Putra, dengan adanya pembiayaan ultra mikro yang ditawarkan oleh Kanwil DJPB, juga akan menjadi solusi dari salah satu program unggulan Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, yakni “Makan Rendang”.

“Harapan kita, dengan pembiayaan ultra mikro kendala yang kita hadapi dari program makan rendang, yaitu BI checking bisa terselesaikan, karena pembiayaan ini tidak memakai BI checking. Namun begitu kita juga harus mencari bagaimana regulasinya, supaya ini bisa cepat dan manfaatnya bisa segera dinikmati oleh masyarakat,” ucap Eka Putra.

Tampak hadir pada acara tersebut Sekda Tanah Datar, Iqbal Ramadi Payana, Kepala KPPN Bukittinggi, Asisten Ekobang Abdul Hakim, Asisten Administrasi Umum Helfy Rahmy Harun, kepala OPD terkait dan undangan lainnya. (*)

Exit mobile version