Satgas BPBD Agam Bersihkan Material Longsor di Jorong Pahambatan

BPBD Agam

Saat petugas membersihkan material longsor di Nagari Balingka, Kecamatan Ampek Koto. IST

HARIANHALUAN.ID – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam menurunkan personel Satuan Tugas (Satgas), untuk membersihkan material tanah longsor mengenai dapur rumah warga di Jorong Pahambatan, Nagari Balingka, Kecamatan Ampek Koto, pada Senin (14/11/2022). 

“Satgas BPBD membersihkan material tanah longsor mengenai dapur rumah milik Syahril (40),” ucap Kepala Pelaksana BPBD Agam, Bambang Warsito pada Senin (14/11/2022).

Lanjut Bambang, pembersihan material juga melibatkan anggota TNI, Polri, pemerintah kecamatan, pemerintah nagari, pemerintah jorong, KSB dan masyarakat setempat. 

“Dengan kekuatan penuh itu, material longsor sudah bisa dibersihkan dengan cara gotong royong. Pembersihan material, kami menggunakan alat seadanya dan material sudah dibersihkan,” katanya. 

Bambang mengatakan, tanah longsor mengenai dapur rumah warga itu akibat curah hujan cukup tinggi melanda daerah itu, pada Minggu (13/11/2022) pukul14.00 WIB. 

BPBD Agam, tambahnya, menerima laporan dari Wali Jorong Pahambatan pada Minggu (13/11/2022) sekitar pukul 21.30 WIB. Setelah itu, menurunkan personel Satgas BPBD Agam pada Senin (14/11/2022) pagi. 

“Tidak ada korban jiwa akibat kejadian itu, hanya mengenai dapur rumah yang dihuni lima orang,” ujarnya. 

Dikatakan Bambang, dengan kondisi curah hujan tinggi, ia mengimbau warga untuk meningkatkan kewaspadaan dengan cara melihat kondisi alam dan apabila berpotensi longsor segera mengungsi ke daerah lebih aman. 

“Selain itu, menjauhi daerah perbukitan, dataran rendah dan lainnya agar tidak menjadi korban jiwa,” katanya. (*)

Exit mobile version