Besok, Pertamina Uji Coba QR Code Program Subsidi Tepat di Payakumbuh

MyPertamina

HARIANHALUAN.ID – Besok, Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut akan melakukan uji coba penerapan program subsidi tepat secara menyeluruh (full cycle) atau menggunakan Kode QR untuk BBM subsidi di Kota Payakumbuh, Sumatra Barat. 

Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut, Susanto August Satria mengatakan, penerapannya dilaksanakan pada 1 Desember 2022. Hal ini dilakukan agar pendistribusian BBM subsidi lebih termonitor tepat sasaran dan tepat volume.

“Kami sudah melakukan sosialisasi dan edukasi mengenai program subsidi tepat. Uji coba penerapan program ini secara menyeluruh akan dilaksanakan di Kota Payakumbuh pada 1 Desember 2022,” ucap Satria, Selasa (29/11/2022).

Ia menjelaskan, masyarakat diharapkan segera melakukan pendaftaran program subsidi tepat melalui website subsiditepat.mypertamina.id. Setelah statusnya terdaftar, masyarakat akan mendapat Kode QR yang akan diterima melalui email atau notifikasi di website tersebut. Kode QR bisa dicetak (print out) untuk digunakan di SPBU Pertamina. Mekanisme ini masih dikhususkan untuk kendaraan roda empat atau lebih.

“Satu akun di website subsiditepat.mypertamina.id dapat mendaftarkan beberapa kendaraan, sehingga satu akun dapat memiliki beberapa Kode QR sesuai kendaraan yang didaftarkan,” katanya. 

Menurut Satria, konsumen biosolar roda empat yang telah terdaftar dalam program subsidi tepat sebesar 10,3 persen dari populasi sebanyak 4.127 kendaraan roda empat di Kota Payakumbuh. Ia juga mengingatkan kepada masyarakat, saat ini pendaftaran program subsidi tepat masih terus dibuka. 

Konsumen perlu menyiapkan dokumen yang nantinya akan diupload melalui website, yaitu foto KTP, foto diri, foto STNK (tampak depan dan belakang), foto kendaraan tampak keseluruhan, foto kendaraan tampak depan nomor polisi dan untuk konsumen layanan umum atau non-kendaraan juga menyiapkan foto surat rekomendasi dan foto KIR.

“Sebagai upaya mempermudah konsumen kami untuk melakukan pendaftaran, kami membuka booth konsultasi pendaftaran di SPBU Pertamina. Sehingga, masyarakat yang memiliki kendala atau kesulitan mendaftar dapat terbantu proses pendaftarannya. Bagi yang memiliki akses internet, dapat langsung mengakses ke website subsiditepat.mypertamina.id atau melalui menu subsidi tepat di aplikasi MyPertamina,” ucapnya. (*)

Exit mobile version