Besok, Penggunaan Sistem ETLE Mobile Handheld di Padang Diberlakukan

Kasat Lantas Polresta Padang, AKP Alfin

Kasat Lantas Polresta Padang, AKP Alfin

HARIANHALUAN.ID – Sistem tilang penindakan pelanggaran lalu lintas dengan menggunakan perangkat Electronic Traffic Llaw Enforcement (ETLE) Mobile Handheld, akan dinyatakan diberlakukan secara resmi di Kota Padang pada Kamis (1/12/2022). 

Kasat Lantas Polresta Padang, AKP Alfin mengatakan, pihaknya juga akan menertibkan para pengendara yang dengan sengaja melepaskan plat nomor kendaraannya, dengan tujuan mencurangi sistem ETLE Mobile.

“Karena masih ditemukan adanya masyarakat yang tidak memakai plat nomor kendaraan. Maka dalam tahap sosialisasi ini, kita akan terlebih dahulu menindak tegas setiap pengendara yang dengan sengaja melepas plat nomor kendaraannya,” ujarnya.

Alfin menuturkan, diberlakukannya sistem tilang manual bagi pengendara yang sengaja melepaskan plat nomornya ini, dilakukan guna mempersiapkan pemberlakukan sistem ETLE Mobile yang akan dilengkapi dengan teknologi pengenalan plat nomor kendaraan.

“Sistem ETLE Mobile ini dilengkapi dengan teknologi pengenalan wajah atau face recognition. Makanya menjadi penting untuk memastikan plat nomor terpasang di seluruh kendaraan masyarakat yang ada di Kota Padang,” ucapnya.

Lanjut ia menerangkan, sistem tilang ETLE Mobile Handheld merupakan salah satu pola metode tilang berbasis teknologi yang dilakukan aparat kepolisian, dengan menggunakan kamera ponsel yang telah terinstall aplikasi ETLE, serta terkoneksi ke back office ETLE.

Setelah dinyatakan berlaku secara resmi, kata Alfin, sebanyak 63 personel Satlantas Polresta Padang akan dilengkapi dengan perangkat ETLE Mobile Hendlend, untuk mengawasi dan merekam setiap pelanggaran lalu lintas yang dilakukan pengendara.

“Nanti mereka akan tersebar ke seluruh wilayah hukum Kota Padang, untuk melakukan penindakan terhadap setiap pelanggaran kasat mata,” ucapnya.

Ia menambahkan, pada dasarnya pemberlakukan sistem tilang ETLE Mobile Handheld, bertujuan untuk meminimalisir pelanggaran, serta meningkatkan kesadaran pengendara dalam mematuhi setiap aturan lalu lintas.

“Kita berharap dengan adanya tilang mobile ETLE Mobile Handheld ini, bisa membuat masyarakat menjadi patuh dengan aturan berlalu lintas,” ucapnya. (*)

Exit mobile version